Selasa 02 Sep 2014 16:30 WIB

Jamaah Australia Khawatir Berangkat Haji

Red:

SYDNEY -- Calon jamaah Australia cemas untuk berangkat haji. Pasalnya, tahun-tahun sebelumnya banyak jamaah ditangkapi pasukan antiterorisme di bandara internasional Australia, seperti yang dilansir OnIslam, Senin (1/9).

Salah satu tokoh masyarakat Sydney, Dr Jamal Rifi, mengatakan, pemerintah federal membuat mereka cemas, karena bisa saja mereka yang jadi target penangkapan. Para aparat antiterorisme itu beroperasi di bandara-bandara internasional saat mereka akan berangkat haji.

Di sisi lain, Menteri Perlindungan Imigrasi dan Perbatasan Australia Scott Morrison mengatakan, lembaganya berupaya melayani dengan baik para calon jamaahnya. "Saya harap lembaga saya bertindak dengan peka dan akal sehat, terlepas siapa mereka, dari mana mereka berasal, dan ke mana mereka berpergian," ujarnya.

Jaksa Agung George Brandis menekankan, pergi haji merupakan perjalanan yang sah. Kini, masyarakat Muslim di Autralia sudah berkembang lebih banyak selama 200 tahun ini dan membentuk populasi dengan komposisi 1,7 persen dari jumlah keseluruhan warga di Australia yang mencapai 20 juta jiwa.  rep:c64 ed: dewi mardiani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement