Selasa 02 Sep 2014 11:51 WIB

Ilmuwan Muda Indonesia Lahir di OSN

Rep: Antara/ Red: Indah Wulandari
Juara olimpiade sains, ilustrasi
Foto: Antara
Juara olimpiade sains, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,MATARAM—Olimpiade sains bisa menjadi ajang mencari calon ilmuwan Tanah air.

"Ajang ini mencetak prestasi di kancah internasional. Tim OSN setiap tahun selalu berhasil meraih ajang olimpiade internasional seperti IPHO, Imo dan sebagainya,” ujar Wamendikbud Musliar Kasim saat acara pembukaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke-13 di Mataram, NTB, Selasa (2/9)." katanya.

OSN, disebutnya sebagai sarana pengembangan kreativitas peserta didik dan pendidik dalam ilmu pengetahuan dan teknologi  sejak tahun 2002. Dirjen Pendidikan Menengah Kemdikbud Ahmad Jazidie mengatakan, OSN menumbuhkan kecintaan siswa dan guru akan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"OSN untuk menyiapkan generasi emas bangsa dan bagian tidak terpisahkan untuk implementasi kurikulum 2013," katanya.

Sebanyak 1.378 orang peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2014 berkumpul di provinsi NTB pada acara lomba OSN tahun 2014. Kegiatan itu akan berlangsung selama tujuh hari sejak tanggal 1 hingga 7 September mendatang.

Agenda tahunan Kemdikbud tersebut, dimaksudkan untuk mencari ilmuwan-ilmuwan muda di bidang sains yang tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga pada usia 100 tahun kemerdekaan Indonesia pada tahun 2045 mendatang, diharapkan akan lahir pemimpin-pemimpin yang profesional di bidang masing-masing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement