Senin 01 Sep 2014 13:00 WIB

Kejutan King Coman

Red:

VERONA -- Juventus menjejakkan langkah perdana mereka dalam kampanye Seri A 2014/2015 dengan catatan positif. Si Nyonya Tua sukses mendominasi permainan dan mampu mengalahkan tuan rumah Chievo Verona meski hanya dengan kemenangan tipis 1-0. Dengan hasil ini, Juventus berhak atas tiga poin perdana mereka.

Bermain di Marc Antonio Bentegodi, Verona, pada Ahad (31/8) dini hari WIB, tuan rumah langsung kecolongan ketika pertandingan baru berjalan tujuh menit akibat gol bunuh diri Cristiano Biraghi. Meski tak ada gol yang lahir lagi, penampilan menawan pemain debutan Kingsley "King" Coman berhasil menarik perhatian banyak pihak.

Sang juara bertahan menjalani musim baru dengan penampilan perdana Massimiliano Allegri di laga resmi. Meski beberapa pihak masih sangsi dengan kemampuan Allegri menggantikan peran Antonio Conte yang berhasil menyabet gelar juara Seri A tiga kali beruntun, mantan pelatih AC Milan itu sukses menunaikan tugas pertamanya.

"Saya cukup khawatir karena setelah kami membuang banyak peluang, kami justru hampir kebobolan," kata Allegri kepada Sky Sport Italia. Allegri mengaku, Gianluigi Buffon telah melakukan penyelamatan yang baik dan menggagalkan satu-satunya peluang matang Chievo.

Menurut Allegri, sangat penting untuk membuka perjalanan liga dengan kemenangan, terutama sebelum jeda laga internasional pekan depan. Ia akan menyiapkan timnya untuk bekerja keras, terutama dalam membenahi penyelesaian akhir.

Menjalani lawatan ke Verona, Allegri memang dihadapkan dengan krisis pemain. Giorgio Chiellini tak bisa tampil karena harus menjalani larangan tanding. Kemudian, Andrea Pirlo, Alvaro Morata, dan Andrea Barzagli masih berkutat dengan cedera, sedangkan Fernando Llorente dan Sebastian Giovinco terkena flu.

Untuk membenahi lini belakang, Allegri mencoba menerapkan strategi bertahan dengan tiga pemain. Sedangkan, posisi ujung tombak ia serahkan kepada pemain berusia 18 tahun yang bergabung dengan status free transfer dari Paris Saint-Germain, Kingsley Coman.

Hasilnya, pemain yang dijuluki "si Pogba baru" itu menjawab tantangan dengan tampil gemilang. Meski tak berhasil mencetak gol, ia sukses menggantikan peran penyerang-penyerang I Bianconeri yang tak bisa berlaga. Pemain yang ikut mencetak gol dalam tur pramusim Juventus ke Indonesia itu hampir saja membuat gol dalam partai debutnya di Seri A. Sayang, tendangan melengkungnya masih melesat tipis di samping mistar gawang. Atas penampilan impresifnya, Coman pun dinobatkan menjadi pemain terbaik dalam laga debutnya itu.

"Coman bermain seperti veteran. Ia memiliki kualitas dan karakter yang hebat," kata Allegri. Sang pelatih mengaku akan membuat Coman terus berkembang.

Pemain jebolan akademi PSG itu mengaku sudah melakukan apa yang pelatih instruksikan kepadanya. Meski awalnya cukup grogi karena harus beradaptasi dengan tim baru, ia mengaku cukup mudah bermain untuk Juventus karena seluruh tim turut membantu permainannya. "Saya belajar setiap hari. Terima kasih untuk Allegri," kata Coman.

Kubu Keledai Terbang sebenarnya cukup bersyukur hasil akhir tidak terlalu buruk bagi mereka. Sebab, Juventus sempat melepaskan tiga tembakan yang membentur mistar gawang.

Pelatih Chievo Eugenio Corini mengaku, Juventus memiliki skuat dengan kualitas yang luar biasa. "Juventus memiliki intensitas yang mempermudah mereka mendikte permainan," kata Corini.

rep: c71 ed: abdullah sammy

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement