Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

9 Tips Survive Setahun Pertama Kuliah (3-Habis)

Jumat 29 Aug 2014 23:07 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Djibril Muhammad

Mahasiswa kuliah/Ilustrasi

Mahasiswa kuliah/Ilustrasi

Foto: Dewi Mardiani/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun pertama kuliah adalah satu periode paling menarik dalam kehidupan. Anda harus cukup kuat disemester awal untuk melangkah ke tahap berikutnya tanpa keragu-raguan.

Di satu sisi, tahun pertama kuliah itu sangat berat dirasakan bagi mahasiswa rantau, sebab mereka mulai hijrah ke kota dan berkomunikasi dengan orang-orang baru. Namun, ketika Anda terbiasa dengan atmosfer kampus, maka Anda akan mencintai setiap detik waktu yang Anda habiskan di perguruan tinggi.

Jangan membebani otak Anda dengan pertanyaan-pertanyaan berbeda untuk menghindari ketakutan dan kecemasan. Sebaiknya Anda berpikir positif dan menemukan lebih banyak kesempatan serta momen menyenangkan setahun pertama di kampus. Berikut sembilan tips untuk survive setahun pertama kuliah, dilansir dari Womanitely, Jumat (29/8).

7. Belajar seimbangkan kehidupan

Salah satu hal paling sulit dilakukan setahun pertama di kampus adalah mencapai titik keseimbangan antara belajar, istirahat, dan bersenang-senang. Mahasiswa tahun pertama pada umumnya terlalu fokus pada studinya, sehingga mengabaikan kecukupan istirahat, kebutuhan olah raga, dan sosialisasi dengan rekan-rekannya. Tak heran penyakit seperti tifus dan maag menjadi langganan para mahasiswa. Belajar dan menjaga kesehatan adalah kunci keberhasilan akademis.

8. Bergabung dengan organisasi kemahasiswaan

Saat ini, semua kampus memiliki berbagai organisasi kemahasiswaan yang bisa membantu Anda mengekspresikan diri dan menemukan minat Anda. Sebagai mahasiswa tahun pertama, Anda perlu terlibat terlebih dahulu di organisasi level jurusan, seperti himpunan mahasiswa.

Baru jika Anda merasa mampu menyeimbangkan waktu secara akademis, Anda bisa juga mengikuti organisasi level kampus, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Keanggotaan Anda pada salah satu organisasi akan meningkatkan reputasi Anda di perguruan tinggi dan mengisi kesibukan Anda dengan penuh petualangan.

9. Nikmati status mahasiswa

Studi Anda di perguruan tinggi bisa jadi sulit, namun dimasa inilah kehidupan Anda paling bewarna. Selama Anda belajar baik, Anda bisa mengembangkan kepribadian Anda secara mental dan fisik, termasuk bertemu teman baru. Selain itu, Anda bisa bersenang-senang dan juga jatuh cinta. Nikmatilah empat tahun terbesar dalam kehidupan Anda sebagai mahasiswa. Hidup mahasiswa!

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA