Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

9 Tips Survive Setahun Pertama Kuliah (1)

Jumat 29 Aug 2014 21:20 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Djibril Muhammad

Mahasiswa kuliah/Ilustrasi

Mahasiswa kuliah/Ilustrasi

Foto: Dewi Mardiani/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun pertama kuliah adalah satu periode paling menarik dalam kehidupan. Anda harus cukup kuat disemester awal untuk melangkah ke tahap berikutnya tanpa keragu-raguan.

Disatu sisi, tahun pertama kuliah itu sangat berat dirasakan bagi mahasiswa rantau, sebab mereka mulai hijrah ke kota dan berkomunikasi dengan orang-orang baru. Namun, ketika Anda terbiasa dengan atmosfer kampus, maka Anda akan mencintai setiap detik waktu yang Anda habiskan di perguruan tinggi.

Jangan membebani otak Anda dengan pertanyaan-pertanyaan berbeda untuk menghindari ketakutan dan kecemasan. Sebaiknya Anda berpikir positif dan menemukan lebih banyak kesempatan serta momen menyenangkan setahun pertama di kampus.

Berikut sembilan tips untuk survive setahun pertama kuliah, dilansir dari Womanitely, Jumat (29/8).

1. Jangan takut tinggalkan zona nyaman

Ketika pertama kali berstatus mahasiswa, Anda mungkin seorang pemalu. Jangan jadi katak dalam tempurung. Bergaullah dengan lebih banyak kawan di kampus Anda, bukan hanya dengan teman sekelas, tapi juga temanjurusan lainnya. Anda harus percaya diri dan bisa mengekspresikan diri. Kehidupan kampus yang aktif dan lucu akan memberikan kenangan indah untuk Anda.

2. Jangan takut meminta bantuan

Ada sejumlah besar informasi harus Anda ketahui di kampus. Anda mungkin paham bagaimana caranya mencari tahu nama dosen, tugas kuliah hingga jadwal. Tapi sadarilah, banyak sisi lain kehidupan kampus yang bisa membuat Anda semakin berkembang.

Reputasi seorang mahasiswa yang sukses adalah mereka yang banyak bertanya, serta banyak menggali pengalaman dari senior atau dosen-dosennya di luar jam kampus.

3. Atur waktu Anda

Manajemen waktu adalah keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari mahasiswa. Kesuksesan masa depan Anda tergantung pada cara Anda menghabiskan waktu luang Anda.

Di kampus, Anda harus membagi waktu antara studi dan bersenang-senang. Salah satu cara terbaik untuk mengelola waktu setahun pertama kuliah adalah membuat jadwal. Ini akan membantu Anda sukses mencapai tujuan yang diinginkan.

Tetapkan prioritas utama dalam penelitian Anda dan konsentrasilah pada subyek dan obyek yang benar-benar membuat Anda tertarik. Anda juga perlu mengembangkan pengetahuan Anda dimata pelajaran lain juga, sebab sarjana masa kini adalah sarjana siap pakai yang bisa ditempatkan di segala sektor.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA