Senin 25 Aug 2014 17:35 WIB

Pendaftar CPNS Membeludak

Red: operator

JAKARTA — Instansi pemerintah membuka ratusan ribu lowongan pekerjaan pegawai negeri sipil (PNS) untuk tahun ini. Membeludaknya pendaftar calon PNS (CPNS) secara online / pada Ahad (24/8) membuat pusat jaringan internet pendaftaran ngadat.

Menurut Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman, pendaftaran sudah dibuka sejak 20 Agustus. Masyarakat yang akan mendaftar dapat mengakses laman panselnas.menpan.go.id.

Namun, ia mengatakan, sempat terjadi kendala pada server (pusat jaringan) akibat membeludaknya pendaftar yang mengakses situs tersebut. Ia mengatakan, sempat ada lima juta pengakes situs dalam waktu bersamaan yang menyebabkan laman situs down.

Walaupun menyebut sempat terjadi kendala, Herman mengatakan, teknologi dan server yang digunakan sudah sangat memadai. Ia memastikan perbaikan terus dilakukan. Karena sempat terjadinya kendala ini, ia mengatakan, batas periode pendaftaran pun mengalami perubahan. Menurut Herman, batas akhir pendaftaran CPNS berubah dari 3 September menjadi 7 September.

 

Terkait membeludaknya pendaftar, disediakan alternatif laman untuk melihat infomasi formasi tersebut. Masyarakat bisa mengaksesnya di formasi2.menpan.go.id dan formasi3.menpan.go.id. "Jadi, masyarakat tenang saja," ujar dia.

Dengan adanya laman alternatif ini, Herman mengatakan, beban untuk laman pendaftaran akan menjadi lebih ringan. Ia pun berharap masyarakat yang ingin mendaftar tidak terburu-buru.

Sempat ada anggapan, menurut dia, semakin cepat mendaftar akan berimbas pada kelulusan. Herman membantah anggapan itu. "Kecepatan mendaftar tidak akan berimplikasi pada kelulusan," kata dia.

Herman mengatakan, proses penetapan formasi masih terus berjalan. Ia menyebut sudah ada sekitar 200 instansi yang formasinya sudah ditetapkan. Namun, baru sekitar 50 formasi instansi yang diunggah ke dalam laman resmi.

Ia menyebut penetapan formasi ini memang masih ada kendala karena keterlambatan instansi terkait dalam mengembalikan formulir.  "Kita berharap satu-dua hari ini bisa ditetapkan perincian formasi itu," kata dia.

Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Eko Prasojo mengatakan, jumlah total formasi yang diperebutkan pendaftar sekira 100 ribu. Ia menambahkan, ada total 495 instansi yang membuka lowongan, baik instansi pusat maupun daerah.  rep:irfan fitrat ed: fitriyan zamzami

***

KEBUTUHAN

Formasi PNS: 65 ribu

Formasi PPPK: 35 ribu

PEMBUKA LOWONGAN

Kementerian Koordinator: 3

Kementerian: 26

Lembaga Pemerintah: 8

Provinsi: 28

Kabupaten/Kota: 411

Sumber: Kementerian PAN-R

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement