Senin 25 Aug 2014 10:55 WIB

Kurikulum 2013 Membentuk Karakter Siswa dengan Baik

Ulan Sumilan, Kepala SD Negeri Buahbatu 1 dan 3, Bandung
Foto: dokpri
Ulan Sumilan, Kepala SD Negeri Buahbatu 1 dan 3, Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, Saya percaya Kurikulum 2013 dapat membentuk karakter siswa yang baik, karena aspek spiritual dan sikap sosial siswa menjadi bagian yang dinilai. Karena untuk menjadi pintar saat ini mudah, ada les private. Sementara untuk menjadi manusia berkarakter butuh proses yang harus ditanamkan sejak dini.

Tahun lalu sekolah kami memang tidak ditunjuk sebagai sekolah piloting. Namun, kami sudah mencoba-coba menerapkan metode pembelajaran Kurikulum 2013 pada kegiatan belajar mengajar di kelas. Sejak tahun lalu guru-guru kami sudah mendapatkan pelatihan. Agar hasil pelatihan dapat segera diaplikasikan, saya minta mereka untuk menerapkan Kurikulum 2013 di kelas 1, 2, 4, dan 5 di kelas masing-masing.

Sebelum pembelajaran efektif berlangsung pada tahun pelajaran baru ini, saya meminta mereka untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk dua minggu pertama. Saya lihat guru sudah cukup baik dalam membuat RPP ini. Hanya saja memang di sekolah kami, dalam satu kelas, cukup banyak siswa, sekitar 38—40 orang, sehingga guru harus ekstra dalam mengajar.

Dalam praktiknya, tahun lalu kami sudah mencoba menggunakan model pembelajaran kreatif, salah satunya dengan menggunakan power point dan LCD. Namun karena fasilitas LCD ini terbatas hanya terpasang di satu ruangan, baru guru agama dan guru kelas 2 yang menggunakannya. Memang dengan Kurikulum 2013 penggunaan sarana dan prasarana sekolah menjadi salah satu bagian dari proses pembelajaran. Untuk itu, sarana dan prasarana yang sudah sekolah miliki dan selama ini tidak digunakan, akhirnya dapat dimanfaatkan.

Saya bersyukur guru-guru di sini sering berkumpul untuk sekadar sharing pengalaman tentang pengajaran yang mereka lakukan kepada peserta didik. Dengan sharing, mereka dapat saling mengambil apa yang baik dan apa yang masih perlu diperbaiki. Kebetulan di sekolah kami ada guru yang ditunjuk sebagai instruktur nasional, sehingga setiap pertanyaan dapat langsung ditanyakan.

 

Ulan Sumilan

Kepala SD Negeri Buahbatu 1 dan 3, Bandung

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement