Senin 25 Aug 2014 10:43 WIB

Kurikulum 2013 Sangat Bagus

Kudi Rukadi, Kepala SD Negeri Cijawura, Bandung
Foto: dokpri
Kudi Rukadi, Kepala SD Negeri Cijawura, Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, Saya katakan, Kurikulum 2013 sangat bagus. Karena yang diuji itu sikap, sementara pada kurikulum sebelumnya yang dinilai adalah standar kompetensi. Sekarang, kompetensi inti dan kompetensi dasar diramu sedemikian rupa, sehingga saat guru mengetahui tujuan pembelajaran seperti apa, maka proses pembelajaran juga akan lebih mudah.

Sebenarnya sejak dulu kami sudah memulai konsep seperti yang diterapkan dalam Kurikulum 2013, yaitu metode pembelajaran terintegrasi yang berfokus pada lingkungan hidup. Itulah sebabnya, kami termasuk dalam sekolah peraih penghargaan Adiwiyata tingkat nasional tahun 2014. Kami menganut prinsip, tidak takut anak-anak tidak pintar IPA, tidak pintar matematika, tidak takut nilainya jelek.

Sebaliknya kami takut jika anak-anak tidak bisa antre, tidak bisa menjaga lingkungan sekolah dengan baik. Dari dulu kami sudah menerapkan ini, sehingga tidak kesulitan saat Kurikulum 2013 diimplementasikan secara menyeluruh tahun pelajaran baru ini.

Dalam metode pembelajaran Kurikulum 2013 untuk tema Lingkungan, misalnya, guru olahraga dapat mengkolaborasikan dengan permainan yang menyenangkan. Sebenarnya Kurikulum 2013 itu tidak sulit untuk diterapkan.

Sementara itu untuk proses penilaian, kami mengembangkan aplikasi yang dimasukkan ke dalam portal sekolah, agar orang tua juga bisa tahu aspek penilaiannya sesuai dengan kaidah-kaidah penilaian. Termasuk di dalamnya absensi siswa maupun guru, semua terlihat di aplikasi ini yang selalu di-up date seminggu sekali. Selain itu, aplikasi iniakanmemudahkan guru memberikan penilaian kepada siswa yang disampaikan dengan model deskriptif-kualitatif.

 

Kudi Rukadi

Kepala SD Negeri Cijawura, Bandung

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement