Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

Cawapres Terkuat, Erick Thohir Didukung Basis Massa Islam yang Besar

Senin 26 Sep 2022 16:30 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kiri) saat bertemu dengan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf (kanan).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kiri) saat bertemu dengan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf (kanan).

Foto: istimewa
Erick Thohir memiliki hubungan baik dengan NU dan banyak kiai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir masuk ke dalam deretan calon wakil presiden (cawapres) terkuat pada Pilpres 2024. Salah satu faktornya karena Erick dinilai didukung basis massa besar dari kelompok Islam.

Seperti diketahui, Erick memiliki hubungan baik dengan Nahdlatul Ulama (NU). Bahkan, Erick merupakan Anggota Kehormatan Banser NU dan dekat dengan banyak kiai.

Guru Besar Universitas Airlangga (Unair) Prof Hotman Siahaan menilai Erick Thohir mampu menjalin hubungan yang harmonis dengan para petinggi NU. Di beberapa kesempatan, Erick Thohir kerap menunjukkan kedekatannya dengan Ketua PBNU, KH Yahya Cholil Staquf atau akrab disapa Gus Yahya.

Prof Hotman berkata, keharmonisan Erick Thohir dengan berbagai tokoh NU juga memberikan kontribusi elektoral dalam kontestasi. Hal tersebut membuat namanya semakin berpeluang meraih dukungan masyarakat Nahdliyin.

“Pak Erick Thohir memiliki hubungan sangat baik dengan NU. Beliau juga termasuk bagian dari NU dengan menjadi anggota kehormatan Banser,” ujar Prof Hotman di Jakarta, Senin (26/9/2022).

Erick Thohir juga dipercaya mengomandoi kegiatan Hari Lahir NU yang ke 100 tahun. Kedekatan dan kepercayaan masyarakat NU kepada Erick Thohir menyebabkan sosoknya memiliki basis pendukung kanan nasionalis yang sangat besar dan solid.

“Dia juga dipercaya memimpin harlah satu abad NU. Saya rasa itu yang menyebabkan Pak Erick Thohir memiliki basis suara Islam yang besar,” kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA