Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Panglima TNI Jenderal Andika Yakin TNI AL akan Makin Profesional

Senin 12 Sep 2022 04:45 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Friska Yolandha

Momen kebersamaan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono saat menghadiri pameran alutsista

Momen kebersamaan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono saat menghadiri pameran alutsista

Foto: Republika/Flori Sidebang
Beberapa negara asing gelar latihan militer besama TNI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa meyakini bahwa TNI Angkatan Laut akan semakin profesional ke depannya. Hal itu Andika sampaikan saat menghadiri dan membuka pameran alutsista 'Naval Expo' dalam rangka HUT ke-77 TNI AL, Ahad (11/9/2022).

"Saya yakin, Angkatan Laut semakin profesional, sangat yakin. Saya melihat dari beberapa kali kita latihan," kata Andika dalam sambutannya di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Baca Juga

Andika mengungkapkan, beberapa negara asing yang sempat melakukan sejumlah latihan bersama dengan TNI AL memberikan respons yang sangat obyektif. Salah satunya, jelas dia, terlihat saat pelaksanaan latihan Super Garuda Shield bersama 14 negara sahabat yang digelar di beberapa lokasi di Indonesia pada 1-14 Agustus 2022 lalu.

"Mereka mengucapkan betapa profesional dan mereka juga bangga bisa berlatih bersama Angkatan Laut. Dan ternyata begitu kita sandingkan dengan negara-negara maju yang berlatih bersama kemarin dalam Latihan Super Garuda Shield, dari perlengkapan perorangan, alutsista, ternyata kita juga cukup setara. Tidak sama persis, tapi cukup setara," ungkap Andika.

"Dan itu sangat membanggakan yang menunjukkan bahwa leadership (kepemimpinan) di Angkatan Laut itu bisa menghadirkan perlengkapan perorangan maupun alutsista yang memang, menjadi, seperti menjadi standard internasional, ini sangat membanggakan," imbuhnya.

Andika pun yakin bahwa TNI AL telah berusaha memberikan kemampuan yang terbaik. Hal ini terlihat dari berbagai latihan yang dilakukan dan pengadaan sejumlah alutsista.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini pun berharap agar TNI AL dapat mempertahankan dan melanjutkan kepempinan yang baik saat ini. Sehingga matra laut tersebut dapat semakin membanggakan.

"Saya lihat TNI AL adalah organisasi yang menurut saya sudah berlari dengan kecepatan maksimal dengan anggaran yang dimiliki. Kalau ini terus dipertahankan kontinuitas yang paling penting, leadership (kepemimpinan) juga dipertahankan, maka TNI AL bisa akan maju sesuai dengan anggaran," tutur Andika.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA