Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Korlantas Polri Gandeng ESQ Kembangkan Karakter Anggotanya

Rabu 10 Aug 2022 23:45 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Pendiri ESQ Ary Ginanjar Agustian dan Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna bersama 50 Anggota Bintara Muda Korlantas Polri peserta training ESQ di Ruang Cordoba Menara 165, Jakarta.

Pendiri ESQ Ary Ginanjar Agustian dan Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna bersama 50 Anggota Bintara Muda Korlantas Polri peserta training ESQ di Ruang Cordoba Menara 165, Jakarta.

Foto: Dok. Web
Lebih dari 500 ribu polisi yang ada saat ini, 90 persennya adalah bintara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Korlantas Polri mengikuti training ESQ selama tiga hari dengan mengusung tema 'Pengembangan Karakter Diri Korlantas Polri', di Ruang Cordoba Menara 165, pada tanggal 9-11 Agustus 2022. Pelatihan yang diikuti oleh 50 orang dengan level Bripda yang baru lulus pendidikan dan ditempatkan di Korlantas Polri ini bertujuan untuk menemukan makna dalam bekerja dan peningkatan kemampuan internet serta sosial media menuju Sumber Daya Manusia (SDM) Korlantas Polri yang unggul di era Police 4.0.

Kabagrenmin Korlantas Polri, Kombes Pol Singgamata berharap agar peserta pelatihan senantiasa dapat meningkatkan kualitas dan pelayanan bagi masyarakat.

Baca Juga

"Dengan acara yang digelar selama tiga hari ini, saya berharap Anda semuanya bisa menjadi polisi yang selalu menolong sesama terutama masyarakat. Memberikan pelayanan terbaik, berkontribusi untuk negeri dan lainnya," kata Singgamata kepada para peserta.

Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, mengapresiasi serta mengungkapkan perasaan bahagianya karena para Bripda mengikuti pelatihan ini.

"Seharusnya hari ini saya ada acara lain di luar. Namun Anda lebih penting, jadi saya hadir di sini. Mengapa? Karena kurang lebih dari 500 ribu polisi, 90 persennya adalah bintara, yaitu kalian. Kalian juga yang tampil langsung kepada masyarakat," katanya dengan tegas.

"Saya sangat senang karena Anda semua mengikuti pendidikan tambahan selama 3 hari ke depan. Di sini juga kalian akan dilatih mengembangkan karakter diri untuk siap jadi pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat," lanjut Nanan yang juga merupakan  Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Alumni ESQ itu.

Dalam kesempatan itu, Pendiri Menara 165 Ary Ginanjar juga ikut menyapa muda mudi dari Korlantas Polri.

"Alhamdulillah, Kang Nanan bisa menyempatkan hadir di sini dengan rasa cinta dan kasih sayangnya kepada kalian. Apa yang disampaikan oleh beliau merupakan pengalaman asam garamnya saat jadi polisi," kata Ary mengawali perbincangan.

Ary berujar bahwa pelatihan ini diharapkan bisa menjadi bekal ilmu untuk insan Polri selama 30 tahun ke depan bahkan lebih.

"Untuk itu, kalian yang mewakili 500 ribu polisi mari bersama sama siapkan dari sekarang polisi emas menuju Indonesia Emas 2045 yang mampu bertahan di segala era termasuk era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity)," lanjutnya.

Sebelumnya, seperti dilansir dari Antara, ESQ juga tahun ini telah digandeng oleh sejumlah pihak untuk mengembangkan karakter personel masing-masing. Mulai dari BUMN, KPK, PGRI, hingga sejumlah pemerintah daerah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA