Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Panglima TNI Resmi Buka Latihan Super Garuda Shield Tahun 2022

Rabu 03 Aug 2022 11:25 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Mark Milley berjabat tangan dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasadi Mabes TNI, Cilangkap, Jaktim.

Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Mark Milley berjabat tangan dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasadi Mabes TNI, Cilangkap, Jaktim.

Foto: AP/Achmad Ibrahim
Jepang untuk pertama kalinya ikut latihan SGS 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa membuka latihan bersama Super Garuda Shield (SGS) Tahun 2022 dari Pusat Latihan Tempur di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel), Rabu (3/8/2022). Pembukaan latihan ditandai dengan penyematan baret tanda peserta kepada perwakilan prajurit.

"SGS 2022 merupakan ajang latihan bersama dengan skala yang cukup besar antara Indonesia dan negara-negara sahabat di kawasan Indo-Pasifik," kata Andika didampingi Commanding General United States Army Pacific Command (USQPARC) Jenderal Charles A Flynn di lokasi.

Baca: Jenderal Andika Promosikan Kolonel Hamim yang Dulu Pernah Dimarahinya Jadi Kadispenad

Latihan gabungan bersama SGS 2022 dilaksanakan pada 1-14 Agustus 2022 di tiga lokasi berbeda, yaitu Pusat Latihan Tempur Baturaja, Pusat Latihan Tempur Marinir Dabo Singkep, dan Pusat Latihan Tempur di Amborawang. Sebanyak 13 negara berpartisipasi dalam latihan bersama itu, termasuk Indonesia.

Negara yang terlibat yakni Amerika Serikat, Australia, Jepang, Malaysia, Singapura, Papua Nugini, Korea Selatan, India, Timor Leste, Kanada, Prancis, dan Inggris. Khusus untuk Jepang, tahun ini merupakan yang pertama kalinya ikut latihan.

SGS 2022 adalah latihan bersama tahunan antara TNI dan Komando Indo-Pasifik AS (Indopacom) yang dirancang untuk memperkuat interoperabilitas, kemampuan, rasa saling percaya, dan kerja sama antarpersonel negara peserta dalam suatu operasi.

Baca: Jenderal Andika Pimpin Sertijab Kepala Bais TNI dan Lima Jabatan Strategis

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA