Jumat 01 Jul 2022 20:11 WIB

Ida Fauziah: Tjahjo Kumolo Sosok Irit Bicara dan Pekerja Keras

Tjahjo Kumolo wafat di RS Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat pukul 11.10 WIB.

Warga berziarah usai prosesi upacara pemakaman Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Jumat (1/7/2022). Tjahjo Kumolo meninggal  di usia 64 tahun di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta pada Jumat (1/7/2022) sekitar pukul 11.10 WIB. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Warga berziarah usai prosesi upacara pemakaman Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Jumat (1/7/2022). Tjahjo Kumolo meninggal di usia 64 tahun di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta pada Jumat (1/7/2022) sekitar pukul 11.10 WIB. Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah menilai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo sebagai sosok yang bersahaja. Ida mengenang Tjahjo sebagai pribadi yang irit bicara, dan pekerja keras.

"Sangat bersahaja, enggak banyak bicara. Akan tetapi, saya tahu beliau sangat bekerja keras," kata Ida.

Baca Juga

Hal itu disampaikan Ida saat melayat ke rumah duka tempat jenazah Tjahjo Kumolo disemayamkan di kompleks Widya Candra, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022). Ida juga mengenal Tjahjo sebagai tokoh senior di pemerintahan. Namun, Tjahjo tidak pernah menunjukkan senioritasnya.

"Beliau sangat bersahaja, saya kenal beliau 'kan sejak di DPR. Tidak hanya saat saya jadi menteri, tetapi ketika di DPR saya kenal beliau," ujarnya.

 

Sejumlah tokoh pemerintahan juga turut melayat ke rumah duka, antara lain, mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI Purn Moeldoko, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, serta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Tjahjo Kumolo wafat di RS Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat pukul 11.10 WIB, setelah dirawat secara intensif di rumah sakit tersebut sejak pertengahan Juni. Sekretaris Menteri PAN-RB Rini Widyantini mengonfirmasi berita duka tersebut melalui pesan singkat.

"Bapak Menteri (Tjahjo Kumolo) telah dipanggil Allah SWT pada hari ini pukul 11.10 WIB. Kami mohon doa dari Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian, semoga beliau diterima di sisi-Nya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement