Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Mahfud MD Sampaikan Salam Jokowi ke Presiden Filipina Marcos Jr

Jumat 01 Jul 2022 09:20 WIB

Rep: Flori Anastasia Sidebang/ Red: Erik Purnama Putra

 Presiden ke-17 Filipina Ferdinand Marcos Jr.

Presiden ke-17 Filipina Ferdinand Marcos Jr.

Foto: AP/Aaron Favila
Mahfud mewakili Presiden Jokowi dalam pelantikan Presiden Ferdinand Marcos Jr.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menghadiri pelantikan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr di Museum Nasional Manila, Filipina, Kamis (30/6/2022). Mahfud hadir sebagai Utusan Khusus Presiden RI.

Mahfud MD tiba di Manila pukul 05.40 waktu setempat. Dia disambut Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Republik Filipina Letjen (Purn) Agus Widjojo, dan pejabat dari Kementerian Luar Negeri Filipina.

Baca: Mahfud Cerita Sunan Kalijogo Islamkan Pulau Jawa Pakai Metode Pertunjukan Wayang.

Dalam kesempatan berjabat tangan dengan Presiden Marcos, Mahfud menyampaikan selamat dan salam dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Tadi saya menyampaikan salam dan selamat dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden Marcos. Kami berharap hubungan Filipina dengan Indonesia semakin baik dan kerjasama antar dua negara ini semakin menguat," kata Mahfud dalam siaran di Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Marcos Jr dilantik sebagai presiden ke-17 Filipina menggantikan Presiden Duterte. Dia akan menjabat untuk periode enam tahun. Pelantikan dilakukan dengan pengawalan yang ketat. Sebelum pelantikan diselenggarakan pawai gabungan militer dan sipil.

Selain Menko Polhukam Mahfud MD, sejumlah wakil negara sahabat pun turut hadir dalam acara tersebut. Antara lain, wakil dari negara ASEAN yang umumnya diwakili Utusan Khusus setingkat Menteri, Amerika Serikat, dan lain-lain.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA