Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Jokowi Siap Jadi Jembatan Rusia dan Ukraina Agar Berdamai

Jumat 01 Jul 2022 05:55 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra

Presiden Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin saat memberikan keterangan pers bersama usai pertemuan di Istana Kremlin, Moskow, Kamis (30/6).

Presiden Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin saat memberikan keterangan pers bersama usai pertemuan di Istana Kremlin, Moskow, Kamis (30/6).

Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Meski situasi sangat sulit, penyelesaian damai penting untuk terus dikedepankan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu (29/6/2022) dan Kamis (30/6/2022). Jokowi pun menyampaikan kesiapan dirinya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin yang tengah berkonflik tersebut.

"Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin. Dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut," ujar Jokowi dalam pernyataan pers bersama usai pertemuan dengan Presiden Putin di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, dikutip pada Jumat (1/7/2022).

Baca: Indonesia dan Ukraina Sepakat Kedua Negara Bisa Kunjungan Bebas Visa

Jokowi mengatakan, konstitusi Indonesia mengamanatkan agar Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia. "Isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Dalam konteks inilah, saya lakukan kunjungan ke Kiev dan Moskow," kata mantan gubernur DKI Jakarta tersebut.

Jokowi menegaskan, meskipun situasi saat ini masih sangat sulit, namun penyelesaian damai penting untuk terus dikedepankan dan juga ruang-ruang dialog terus dibuka. Sebelumnya, saat pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Jokowi juga menawarkan diri untuk menjadi pembawa pesan dari Presiden Ukraina ke Presiden Putin.

"Walaupun masih sangat sulit dicapai, saya tetap sampaikan pentingnya penyelesaian damai dan spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur. Dalam kaitan ini saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya temui segera," kata Jokowi dalam pernyataan pers bersama Presiden Ukraina di Istana Maryinsky, Kiev pada Rabu (29/6).

Baca: Dubes Lyudmila: Rusia Mengimpor Banyak Minyak Sawit dari RI

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA