Kamis 31 Mar 2022 09:10 WIB

Sri Sultan Ciptakan Himne Serangan Umum 1 Maret

Himne tentang Serangan Umum 1 Maret itu dibuat Sri Sultan HB X untuk peringati HPKN.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menciptakan karya yakni "Himne Serangan Umum 1 Maret." Lagu tersebut dibuatnya untuk memperingati Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HPKN). Acara HPKN digelar di Istana Kepresidenan Yogyakarta, pada Rabu (30/3) malam.

"Ngarsa Dalem (Sultan Hamengku Buwono X) memberi 'dawuh' (perintah) untuk mencipta satu bentuk lagu sehingga terciptalah Himne Serangan Umum 1 Maret ini," kata Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan Kridhamardawa Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat KPH Notonegoro.

Baca Juga

Notonegoro mengatakan himne tersebut menjadi karya terbaru Sri Sultan Hamengku Buwono X yang terinspirasi dari peristiwa bersejarah Serangan Umum 1 Maret 1949.

"Himne ini diciptakan untuk format choir dan orkestra, dengan lirik berbahasa Jawa yang terinspirasi dari Sekar Macapat Durma," kata Notonegoro.

Menurut dia, himne itu mengambil konsep perpaduan idiom musik Jawa yaitu Laras Pelog Patehet Barang dengan medium musik klasik Barat.

"Nuansa dalam lagu ini dibangun dengan maksud untuk menyampaikan rasa cemas, haru, tertantang, geram, dan bercampur rasa nasionalisme yang pada saat itu dirasakan oleh para pemimpin bangsa Indonesia dan seluruh pejuang yang sedang membela kedaulatan negara pada peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949," ujar Notonegoro.

Agenda selebrasi HKPN merupakan bentuk kerja sama Pemda DIY melalui Dinas Kebudayaan dengan Kementerian Dalam Negeri sebagai pemrakarsa usulan, Kemenpolhukam, Kemensetneg, Kemenhan, Kemensos, Kemenkum HAM, dan Kemendikbudristek.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement