Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

KSAL dan Menteri Korsel Bahas Latihan Bersama Angkatan Laut Dua Negara

Sabtu 29 Jan 2022 12:06 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono. Ilustrasi.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono. Ilustrasi.

Foto: Dok. Puspen TNI
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) dan menteri Korsel bahas rencana latihan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan Menteri Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA) Korea Selatan Gang Eun-ho membahas rencana latihan bersama Angkatan Laut (AL) dua negara khususnya terkait operasional kapal selam. Latihan bersama itu merupakan upaya dua negara meningkatkan kerja sama terutama bidang militer dan pertahanan. Demikain diungkapkan lewat siaran tertulis Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut yang diterima di Jakarta, Jumat (29/1/2022).

Gang Eun-ho berkunjung ke Markas Besar TNI AL pada Jumat dan disambut langsung oleh Laksamana Yudo. Dalam kunjungan itu, Yudo dan Gang Eun-ho membicarakan berbagai upaya meningkatkan kerja sama antara Angkatan Laut dua negara. Termasuk di antaranya bentuk pendidikan dan pelatihan operasional kapal selam, peningkatan kemampuan kapal selam, serta perawatan dan perbaikan kapal selam.

Baca Juga

Kapal selam menjadi salah satu topik utama diskusi karena TNI AL saat ini memiliki tiga kapal selam hasil kerja sama antara perusahaan Indonesia PT PAL dan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) yang berpusat di Korea Selatan. Tiga kapal tersebut yaitu KRI Nagapasa-403 dibangun di Korea Selatan oleh Daewoo, KRI Ardadedali-404 yang juga dibangun di Korsel dengan bantuan pekerja PT PAL, dan KRI Alugro-405 yang dibuat oleh dua perusahaan di PT PAL, Surabaya, Jawa Timur.

Dalam pertemuan dengan Kasal di Markas Besar TNI AL, Gang Eun-ho didampingi Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Park Tae-sung, Atase Pertahanan Korsel Captain (N) Jung Yeun Soo, Sekretaris Pertama Kedubes Korsel Kim Hyun-wook, serta Wakil Presiden Eksekutif DSME Yoo Sujun. Kunjungan kehormatan (courtesy call) Gang Eun-ho ke Mabes TNI AL disambut oleh upacara penyambutan oleh Pasukan Kehormatan TNI Angkatan Laut.

Selama pertemuan, Laksamana Yudo didampingi Wakil KSAL Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono, Asrena KSAL Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid Kacong, Danseskoal Laksamana Muda Tunggul Suropati, Waaslog KSAL Laksamana Pertama TNI Rachmat Hartoyo, dan Kadisadal Laksamana Pertama Maman Rohman.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA