Monday, 21 Jumadil Akhir 1443 / 24 January 2022

Jokowi: RI Satu dari Lima Negara Berhasil Kendalikan Pandemi

Senin 06 Dec 2021 18:31 WIB

Red: Agus Yulianto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pandemi menjadi salah satu tantangan dan disrupsi yang memaksa Indonesia, pun dunia, untuk menerapkan cara-cara pengembangan baru dan tata laksana normalitas baru.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pandemi menjadi salah satu tantangan dan disrupsi yang memaksa Indonesia, pun dunia, untuk menerapkan cara-cara pengembangan baru dan tata laksana normalitas baru.

Foto: Pertamina
Keberhasilan ini menunjukkan kemampuan bangsa ubah tantangan menjadi peluang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia menjadi satu dari lima negara di dunia yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19 pada level 1 karena kerja keras dan gotong royong seluruh pihak. 

"Kita telah berhasil menjadi satu dari lima negara di dunia yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19 pada level 1. Hal ini menunjukkan kemampuan bangsa kita dalam menghadapi tantangan," kata Presiden Jokowi saat membuka Kongres DPP Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/12).

Presiden mengatakan, keberhasilan Indonesia mengendalikan pandemi Covid-19 menunjukkan kemampuan bangsa dalam mengubah tantangan sulit menjadi peluang agar mampu bergerak maju. Menurut Presiden, Indonesia juga telah sangat teliti dan hati-hati dalam mengeluarkan kebijakan sehingga mampu mengendalikan pandemi Covid-19 dan secara beriringan memulihkan ekonomi masyarakat.

"Tatkala dunia lockdown di mana-mana, kita dengan teliti mengendalikan pandemi dan ekonomi harus digerakkan secara hati-hati," ujarnya.

Pandemi Covid-19, kata Presiden, menjadi salah satu tantangan dan disrupsi yang memaksa Indonesia, pun dunia, untuk menerapkan cara-cara pengembangan baru dan tata laksana normalitas baru.

"Disrupsi ini harus kita manfaatkan sebagai peluang. Ini ada peluang. Tatkala dunia berhenti sejenak kita harus tetap maju bergerak," katanya.

Menurut data terbaru Satgas Penanganan Covid-19, tren penambahan kasus Covid-19 di Indonesia berkisar di ratusan kasus dalam beberapa pekan terakhir. Atau, menurun signifikan dibandingkan penambahan puluhan ribu kasus saat puncak gelombang dua kasus Covid-19 pada Juli 2021.

Per Ahad (5/12), terdapat 196 kasus baru Covid-19 yang terkonfirmasi di seluruh Indonesia. Sehingga total kasus Covid-19 terkonfirmasi sejak Maret 2020 hingga saat ini adalah 4.257.685 kasus.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA