Sunday, 28 Syawwal 1443 / 29 May 2022

Wah...Jakarta Bakal Dibuat Sepi Saat Malam Tahun Baru

Selasa 30 Nov 2021 13:00 WIB

Rep: Ali Mansur/Bambang Noroyono/ Red: Agus Yulianto

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo memimpin apel persiapan pengamanan terkait cuti bersama dan libur panjang dalam rangka perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kompleks Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (27/10).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo memimpin apel persiapan pengamanan terkait cuti bersama dan libur panjang dalam rangka perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kompleks Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (27/10).

Foto: Republika/Ali Mansur
Sejumlah titik di wilayah Jakarta pun bakal disterilkan dari keramaian. 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kondisi ibukota DKI Jakarta bakal dibuat sepi pada saat menjelang malam pergantian tahun mendatang. Sejumlah titik di wilayah Jakarta pun bakal disterilkan dari keramaian. Salah satunya menyelenggarakan patroli crowd free night.

"Kami akan buat Jakarta sepi di malam tahun baru walaupun saat ini sudah PPKM level 1," jelas Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (30/11). 

Lanjut Purnomo Yogo, Crowd free night tidak hanya dilakukan pada malam tahun baru saja. Tetapi juga pada saat malam natal 2021. Rencananya kegiatan crowd free night akan berlangsung pukul 19.00 WIB hingga 04.00 WIB. 

Kemudian untuk memetakan titik keramaian pada saat malam pergantian tahun, kata Sambodo, pihaknya akan koordinasi dengan Satlantas wilayah dan bidang intelejen. Sementara untuk wilayah yang sudah terpetakan diantaranya, Jalan Sudirman, Jalan Thamrin, Kota Tua, Banjir Kanal Timur (BKT), Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kemayoran, Kemang, dan Barito. 

"lokasi-lokasi yang sering jadi perayaan pergantian tahun akan kami laksanakan Crowd Free Night," terang Sambodo. 

Kenda demikian, menurut Sambodo, pihaknya tidak akan melakukan penyekatan pada saat libur natal dan tahun baru. Namun sebagai gantinya, pihaknya hanya akan melakukan check poin di beberapa pintu masuk wilayah DKI Jakarta. Untuk skema pelaksanaan pemeriksaan check poin, kata dia, pihaknya menunggu aturan dari Kementerian Dalam Negeri. 

"Kami tunggu pemerintah apakah pemeriksaan SIKM atau cukup dengan PeduliLindungi atau tempel stiker, detail akan kami sampaikan jelang tanggal 24 Desember saat dimulai operasi lilin," jelas Sambodo.

Masih kata Sambodo, kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mengimplementasikan keputusan pemerintah pusat yang akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di seluruh Indonesia pada periode Nataru. Rencananya, PPKM level 3 akan berlaku mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

 

photo
Suasana Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran saat malam pergantian tahun baru 2021 di Jakarta, Jumat (1/1). (Ilustrasi) (Republika/Putra M. Akbar)
 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA