Sunday, 23 Rabiul Akhir 1443 / 28 November 2021

Sunday, 23 Rabiul Akhir 1443 / 28 November 2021

Kedubes Australia Beri Gelar Kehormatan Panglima TNI

Rabu 27 Oct 2021 05:29 WIB

Rep: Flori Anastasia Sidebang/ Red: Erik Purnama Putra

Dubes Australia untuk Indonesia, Penny Williams memberi tanda kehormatan kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Kedubes Australia Australia, Jalan Patra Kuningan Raya Kavling Nomor 1-4, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (26/10).

Dubes Australia untuk Indonesia, Penny Williams memberi tanda kehormatan kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Kedubes Australia Australia, Jalan Patra Kuningan Raya Kavling Nomor 1-4, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (26/10).

Foto: Dok Puspen TNI
Hadi dianggap memperkuat hubungan pertahanan antara Australia dan Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mendapat penghargaan tanda gelar kehormatan 'Honorary Officer of The Order of Australia in The Military Division' dari pemerintah Australia. Anugerah itu merupakan salah satu penghormatan tertinggi dari Australia kepada pejabat di Indonesia.

Pemberian tanda kehormatan disematkan langsung oleh Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia Penny Williams di Kedutaan Besar Australia, Jalan Patra Kuningan Raya Kavling Nomor 1-4, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (26/10). Penganugerahan penghargaan tersebut diklaim mencerminkan hubungan yang semakin kuat antara Indonesia dan Australia di bidang militer.

Dubes Australia untuk Indonesia, Penny Williams, mengatakan, bintang penghargaan tersebut menghormati pencapaian cemerlang Marsekal Hadi, termasuk peran integral dalam mendukung koordinasi dan kolaborasi di antara angkatan bersenjata Australia dan Indonesia.

"Penghargaan ini menyoroti pendekatan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melalui pengabdian dan dedikasinya yang luar biasa untuk memperkuat hubungan pertahanan antara Australia dan Indonesia, khususnya dalam mendukung Kemitraan Strategis Komprehensif bilateral," kata Williams di Jakarta, Selasa.

Order of Australia menghormati individu yang telah menunjukkan jasa atau pencapaian yang luar biasa. Jumlah penghargaan yang diberikan setiap tahunnya sangat terbatas, dan yang dianugerahkan kepada pejabat asing sangat jarang terjadi.

"Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah mendukung peningkatan kerja sama operasi gabungan, kelancaran dialog strategis terbuka tentang isu-isu yang menjadi kepentingan bersama dan meningkatkan interoperabilitas antara kedua angkatan bersenjata kita," ucap Williams menambahkan.

Baca juga : Saksi Akui Lihat Polisi Bawa Dua Senpi dari Mobil Laskar FPI

Di bawah kepemimpinan Marsekal Hadi, sebanyak 43 personel TNI dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dikerahkan untuk Operasi Bushfire Assist. Pemerintah Australia mengapresiasi dukungan TNI yang menerjunkan satgas membantu masyarakat Australia ketika terjadi kebakaran hutan di New South Wales pada Februari 2020.

Marsekal hadi pun juga mengucapkan selamat bertugas di Indonesia kepada Dubes Williams yang telah menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 1 September 2021.

"Semoga hubungan dan kerja sama kedua negara selama ini yang telah berjalan sangat erat dan di bawah kepemimpinan Yang Mulia Penny Williams, sebagai Dubes Australia yang baru, semoga kerja sama bilateral kedua negara di berbagai bidang dapat semakin ditingkatkan," kata mantan KSAU tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA