Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Presiden Jokowi Resmikan Rusun Pasar Rumput Jakarta 

Senin 20 Sep 2021 11:15 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Mas Alamil Huda

Rusun Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta.

Rusun Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta.

Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Rusun ini telah dibangun sejak 2016 dan menelan biaya hingga Rp 970 miliar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan rumah susun Pasar Rumput, Jakarta, pada Senin (20/9) pagi ini. Rusun Pasar Rumput ini dibangun dengan konsep mixed use, yakni juga dilengkapi dengan kios pasar, fasilitas umum, fasilitas sosial, dan juga parkiran.

Dengan peresmian ini, maka rusun yang telah dibangun sejak 2016 dan menelan biaya hingga Rp 970 miliar ini siap difungsikan. “Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, pada pagi hari ini saya resmikan Rusun Pasar Rumput beserta kios dan fasilitas Pasar Rumput, Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta,” kata Jokowi, Senin (20/9).

Rusun Pasar Rumput ini memiliki hunian sebanyak 1.984 unit dengan tipe 36 yang berada di lantai 4 hingga lantai 25. Selain itu, juga dibangun ratusan kios pasar dan los di lantai 1 dan 2, serta fasilitas sosial dan umum lainnya.

Menurut Jokowi, keberadaan pasar yang juga dilengkapi dengan fasilitas sosial dan umum ini akan memberikan kemudahan bagi para penghuninya untuk melakukan aktivitas ekonomi, seperti berdagang dan lainnya. Selain itu, rusun Pasar Rumput ini juga didukung dengan jalur transportasi yang terintegrasi dengan busway sehingga memudahkan penghuninya melakukan mobilitas.

“Saya berharap dengan beroperasinya rusun Pasar Rumput ini bisa membantu saudara-saudara kita untuk memiliki hunian yang layak dan nyaman dengan lokasi strategis untuk melakukan kegiatan ekonomi,” ujar Jokowi.

Ia melanjutkan, di rusun ini nantinya juga dapat menampung masyarakat yang terdampak program normalisasi Sungai Ciliwung untuk penanganan banjir. Jokowi pun berharap, rusun ini dapat meringankan beban masyarakat terkait penyediaan hunian yang nyaman dan terjangkau, serta membantu kegiatan produktif masyarakat.  

Dalam peresmian ini, Presiden Jokowi turut didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA