Ahad 12 Sep 2021 10:03 WIB

CWS-BJB Beri Pelatihan UMKM

Banyak keuntungan QRIS bagi UMKM.

CWS-BJB Beri Pelatihan UMKM
Foto: CWS
CWS-BJB Beri Pelatihan UMKM

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--CWS (Co Working Space) Cidadap didukung oleh BJB mengadakan Pelatihan dan Pemberian QRIS bagi 50 UMKM di Kecamatan Cidadap. Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) merupakan sebuah kebutuhan bagi pelaku UMKM. QR Code ini bisa discan dari aplikasi keuangan apa saja, karena kita akan menuju cashless society, dimana peredaran uang sudah menjadi digital. Adanya QRIS banyak keuntungannya.

''Yaitu antara lain memudahkan pembayaran bagi pelanggan dengan tinggal scan. Juga bebas memilih aplikasi yg dipakai untuk scan, karena semua aplikasi perbankan dan aplikasi keuangan bisa scan QRIS. Serta menekan peredaran uang palsu karena pembayaran tidak menggunakan uang cash,'' tandas Ketua CWS Cidadap Muhammad Azmi, S.Kom. dalam siaran pers yang diterima Republika.

Keuntungan lainnya, tidak perlu menyiapkan kembalian dan lebih aman karena uang langsung masuk ke rekening dan bisa dicek secara real time melalui aplikasi. Serta UMKM lebih tertib dalam penghitungan keuangan dan menaikkan bonafiditas usaha agar dapat diterima oleh masyarakat seluas-luasnya. ''QRIS dikeluarkan oleh Bank Indonesia dan kali ini Bank BJB cabang Sukajadi membantu memfasilitasi agar UMKM Cidadap bisa mendapatkannya,'' tutur Azmi. 

Ditambahkannya, dari awal terbentuk CWS ini sangat disupport oleh Kecamatan Cidadap.  ''Kami memiliki beberapa stake holder, salah satunya adalah Disbudpar, maka kedepannya selain UMKM kami dapat merangkul seluruh sub sektor Ekonomi Kreatif yang ada di Kecamatan Cidadap ,'' kata Azmi.

Camat Cidadap Drs. Hilda Hendrawan mengapresiasi aksi kepedulian terhadap UMKM tersebut. ''Hal ini tidak terlepas dari telah aktifnya Coworking Space (CWS) di Kecamatan Cidadap yang telah membuat event hari ini,'' papar Hilda. 

CWS ini hadir di tengah masyarakat karena gagasan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dan Yana Mulyana yang ingin membuat sebuah tempat kerja bersama di level Kecamatan Kota Bandung.

Diungkapkan Hilda, kini UMKM di Kecamatan Cidadap sudah punya wadah berkumpul (walaupun masih dalam group WA), wadah curhat, dan wadah mencari solusi yaitu bersama CWS Cidadap. ''Ini merupakan event yang sangat baik dan bermanfaat, langsung action memberikan QRIS beserta buku tabungan BJB Kepada 50 UMKM di wilayah kita,'' katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement