Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Holding BUMN Perkebunan Gelar Percepatan Vaksinasi di Sumut

Jumat 06 Aug 2021 01:00 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi / Red: Satria K Yudha

Logo Holding BUM Perkebunan, PTPN Group.

Logo Holding BUM Perkebunan, PTPN Group.

Foto: PTPN Group
Vaksinasi Digelar di 14 kabupaten dan kota.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) menggelar vaksinasi di lingkungan kerja PTPN Group. Vaksinasi dilakukan melalui anak perusahaan, PTPN II dan PTPN III bekerja sama dengan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) cabang Sumatra Utara (Sumut) dan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara. 

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III Mohammad Abdul Ghani mengatakan, program vaksinasi yang diikuti 750 karyawan dilaksanakan di Rumah Sakit Tanjung Selamat milik PT Tembakau Deli Medica, anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara II, pada Rabu (4/8) dan Kamis (5/8).

"Program vaksinasi ini merupakan dukungan PTPN Group kepada pemerintah dalam mendukung percepatan vaksin nasional untuk mencapai kekebalan kelompok di lingkungan kerja PTPN Group," ujar Ghani dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (5/8).

Ghani menyampaikan, pelaksanaan program vaksinasi diikuti peserta yang terdiri atas unit PT Perkebunan Nusantara II di wilayah kerja Kabupaten Langkat yaitu Kebun Kwala Sawit, Kebun Air Tenang, Kebun Batang Serangan, Kebun Sawit Seberang, Kebun Sawit Hulu, dan Pabrik Wilayah Distrik Rayon Utara; serta karyawan di wilayah Kabupaten Deli Serdang, yaitu Bengkel Pusat, Pabrik Gula Sei Semayang, Kebun Helvetia, Kebun Sei Semayang, Kebun Bulu Cina, Kebun Tanjung Jati, Kebun Tandem, dan Kebun Kwala Madu.

Ghani menyebut, upaya percepatan pembentukan kekebalan kelompok perlu didukung kesadaran masyarakat untuk menjalankan protokol 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas). "Program vaksinasi ini dapat membantu untuk menguatkan imunitas dan melindungi karyawan PTPN Group dari paparan virus," ucap Ghani.

Sementara itu, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi bersama Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno juga membuka Sentra Vaksin Covid-19 PTPN III bersama GAPKI di RS Sri Torgamba Jalan Lintas Sumut-Riau, Desa Torgamba, pada Rabu (4/8). "Hari ini mulai dilaksanakan vaksinasi di 14 kabupaten dan kota yang tersebar di 51 titik, khususnya kepada karyawan perkebunan BUMN dan perkebunan swasta sebanyak 58 ribu vaksin," ujar Edy.

Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno mengatakan, PTPN Group sebagai BUMN menyediakan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan vaksinasi. Selain itu, menyediakan tenaga kesehatan yang bekerja sama dengan dinas kesehatan. 

"Kegiatan sentra vaksinasi ini menargetkan 9.134 vaksin yang akan diberikan kepada karyawan PTPN IV di masing-masing wilayah kerja diadakan mulai 4 Agustus hingga 5 Agustus 2021," ucap Sucipto.

Kepala Subag Humas PTPN III Filiano Ari Akbar Harahap mengatakan, Sentra Vaksin PTPN III (Persero) bersama GAPKI untuk karyawan PTPN III dan masyarakat sekitar dilaksanakan di empat titik, yaitu di RSU Sri Torgamba, RSU Indrya Husada Membang Muda, FKTP Rawat Inap Aek Nabara, dan Balai Karyawan Kebun Batang Toru Tapanuli Selatan. Kegiatan vaksinasi berlangsung pada Rabu (4/8) dengan jumlah vaksin yang disediakan sebanyak 9.945 dosis.

 "Tujuan agenda ini untuk memfasilitasi penyediaan sentra vaksin covid-19 demi mengurangi angka penularan virus yang masih terus meningkat di sejumlah daerah. Di lain sisi, PTPN Group berharap bisa terus membantu pemerintah dalam percepatan kekebalan kelompok," kata Ari.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA