Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Aksi Bela Palestina Digelar di Parung, Kabupaten Bogor

Selasa 18 May 2021 11:34 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Pendemo di depan gedung DPRD Jawa Timur, Kota Surabaya pada Senin (17/5), menginjak bendera Israel.

Pendemo di depan gedung DPRD Jawa Timur, Kota Surabaya pada Senin (17/5), menginjak bendera Israel.

Foto: Republika/Dadang Kurnia
Kegiatan yang berlangsung pada Ahad (16/5) petang WIB, itu banjir dukungan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Lembaga Kemanusiaan, Asar Humanity menggelar aksi bela Palestina dengan cara menaruh dua bendera Israel berukuran raksasa di tengah Jalan Raya Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Landasan kegiatan ini, karena korban warga Palestina per hari ini, 200 syuhada (meninggal dunia) dan 1.305 luka-luka. Karena kondisinya darurat, maka banyak cara yang harus dilakukan buat bantu mereka, salah satunya kegiatan ini," ujar panitia kegiatan 'Kibarkan 1.000 Dukungan untuk Palestina Merdeka', Roozika Sunandila di Kabupaten Bogor, Senin (17/5).

Dia menyebutkan, kegiatan yang berlangsung pada Ahad (16/5) petang WIB, itu banjir dukungan dari warga sekitar hingga para ulama.Pasalnya, sebelum meletakkan dua bendera Israel berukuran 4 meterx2 meter di jalan. Kegiatan juga diisi dengan orasi oleh tokoh agama dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) di wilayah tersebut.

"Panitia nggak nyangka warga yang antusias segitunya, ramai sekali yang datang. Rata-rata mereka ikut mengibarkan bendera Palestina dan bendera Indonesia serta spanduk berisi kalimat dukungan," kata Roozika.

Menurut dia, sebelum melaksanakan aksi, lembaga kemanusiaan yang berbasis di Bogor dan Tangerang itu telah mengurus perizinan ke kepolisian. Karena, kegiatannya cukup menarik perhatian, meski dengan menjaga jarak.

"Kami koordinasi dengan polisi juga bahwa kami akan mengadakan acara seperti itu. Makanya di lokasi kami terapkan secara ketat protokol kesehatan," ujarnya. Roozika menyebutkan, kegiatan serupa akan dilakukan dalam waktu dekat di salah satu ruas jalan raya yang berlokasi di Tangerang, Banten.

"Kemungkinan akan melakukan acara serupa di daerah Tangerang. Acaranya sama gitu juga. Judulnya kan Kibarkan 1.000 Dukungan untuk Palestina Merdeka. Itu adalah hastag yang kita kencangkan sebagai wujud simbol untuk Palestina merdeka," katanya lagi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA