Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Kominfo Kolaborasi Cetak 22 Ribu Wirausaha Digital Indonesia

Kamis 22 Apr 2021 01:05 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani

ecommerce

ecommerce

Transformasi digital akan berhasil jika mengangkat prinsip inklusivitas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika berkolaborasi dengan IEEE Indonesia dan Google Indonesia dalam mencetak 22.000 wirausaha digital Indonesia dalam era Revolusi Industri 4.0. Salah satunya, dengan menyelenggarakan seminar dan pelatihan Women in Digital Entrepreneurhsip.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo, Hary Budiarto menyatakan kolaborasi  dalam Digital Entrepreneurship Academy Digital Talent Scholarship 2021 itu ditargetkan untuk memberikan pengetahuan kepada perempuan dan meningkatkan kesadaran komunitas.

"Kami berharap pelatihan ini bisa mendorong perempuan menambah wawasan dan kompetensi di bidang kewirausahaan digital. Sekaligus menjadi bagian kerja bersama semua pihak baik dari pemerintah, komunitas akademisi, global tech, dan pihak lain yang menyadari pentingnya peningkatan SDM perempuan Indonesia di era digital," ujar Hary di Jakarta, Selasa (20/04).

Hary mengatakan, transformasi digital pada masyarakat Indonesia dilaksanakan melalui berbagai prakarsa yang melibatkan masyarakat serta kalangan akademisi, bisnis, komunitas dan pemerintahan.

"Targetnya bisa mempercepat terwujudnya tata kemasyarakatan baru dengan tatanan sosial, ekonomi, dan bisnis yang lebih baik, yang didukung oleh teknologi dan budaya digital," ujarnya.

Dia juga menyatakan transformasi digital akan berhasil jika mengangkat prinsip inklusivitas, termasuk dengan mengangkat peran perempuan Indonesia sebagai bagian aktif dalam aspek kebijakan, bisnis, teknologi, dan aktivitas pemberdayaan.

"Keniscayaan ini yang menjadi perhatian Kominfo, Institute of Electical and Electronics Engineers (IEEE) dan Google, yang mendorong diselenggarakannya kegiatan tanggal 21 s.d. 22 April 2021," ungkapnya.

Rencananya, seminar dan pelatihan dibuka secara resmi, Rabu (21/4) hari ini diawali  dengan diskusi panel yang dibuka Menkominfo Johnny G. Plate melalui paparan kunci. Didampingi Ketua IEEE Indonesia, Wahyudi Hasbi, sambutan kunci itu mengangkat perspektif atas wirausaha digital perempuan dalam konteks kebijakan di Indonesia.

Diskusi panel juga menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno; Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak, I Gusti Ayu Bintang; Ketua Komisi 1 DPR, Meutya Viada Hafid; Sekjen Kementerian Kominfo, Mira Tayyiba; serta Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan Google Indonesia, Putri Alam. Dimoderatori oleh Ford L Gaol dan Kuncoro Wastuwibowo dari IEEE Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA