Kamis 15 Apr 2021 14:17 WIB

Kasus Covid Turun, Jokowi Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada

Jokowi minta masyarakat tetap waspada kenaikan kasus Covid-19

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Presiden Joko Widodo (tengah) berbincang dengan tenaga kesehatan saat meninjau proses vaksinasi COVID-19
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Presiden Joko Widodo (tengah) berbincang dengan tenaga kesehatan saat meninjau proses vaksinasi COVID-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaannya terhadap kemungkinan kenaikan kasus Covid-19. Angka kasus baru yang semakin menurun pada akhir-akhir ini pun dimintanya agar tak menjadikan masyarakat lengah.

Hal ini disampaikannya saat membuka pameran otomotif Indonesia international motor show hybrid 2021 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/4).

“Yang juga harus kita ingat bersama-sama, kita ini masih di dalam masa pandemi. Kita harus tetap waspada terhadap pandemi Covid-19, tapi juga kita tidak boleh berhenti dalam menggerakkan ekonomi. Tetap dengan kewaspadaan, tetap dengan kehati-hatian,” ujar Jokowi.

Jokowi mengingatkan, kebijakan gas dan rem dalam penanganan kesehatan dan ekonomi juga harus dijaga dan dikendalikan. Ia mencontohkan, banyak negara lain mengalami lonjakan kenaikan kasus baru Covid-19 setelah angka kasus sempat menurun. Ini terjadi karena pemerintah dan masyarakat tak mampu menjaga kewaspadaan dan kehati-hatiannya.

“Kita ingat di bulan Januari kasus harian kita berada di angka 13 ribu, 14 ribu, 15 ribu bahkan saat itu. Dalam tiga minggu ini kita sudah berada di angka yang baik menurut saya, 6 ribu, 5 ribu 4 ribu. Naik turun berada di angka itu. Ini yang harus kita jaga dan terus kita tekan,” kata dia.

Sementara itu, lanjut Presiden, perkembangan angka kesembuhan nasional saat ini juga semakin meningkat yakni mencapai 90,5 persen di atas rata-rata dunia dan juga Asia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement