Kamis 01 Apr 2021 12:52 WIB

Hubla Apresiasi Wima Ina Berdayakan Penyandang Disabilitas

Tidak sedikit kaum perempuan yang terpaksa mengambil peran untuk menghidupi keluarga.

Menyambut Hari Kartini Tahun 2021 ini, Wima Ina menyelenggarakan rangkaian kegiatan  kepada penyandang disabilitas dengan mengadakan pelatihan.
Foto: Humas Ditjen Hubla
Menyambut Hari Kartini Tahun 2021 ini, Wima Ina menyelenggarakan rangkaian kegiatan kepada penyandang disabilitas dengan mengadakan pelatihan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Kartini yang akan diperingati oleh seluruh perempuan Indonesia pada 21 April mendatang. Sudah seharusnya, peringatan ini dimanfaatkan sebagai momentum bagi para perempuan untuk bersinergi, saing mendukung satu sama lain dalam mengambil peran dalam setiap aspek kehidupan.

Ditemui di Jakarta pada Kamis (1/4), Sekretaris Direktorat Jenderal Perhungan Laut, Andi Hartono, mengatakan, bahwa Kementerian Perhubungan Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sangat mengapresiasi dan mendukung kiprah dan peran serta perempuan dalam industri maritim. 

“Ini merupakan bukti ketangguhan kaum perempuan yang bisa ikut bersaing di dunia maritim yang bisa dibilang cukup keras,” ujar Andi dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Kamis (1/4).

 

 

photo
Menyambut Hari Kartini Tahun 2021 ini, Wima Ina menyelenggarakan rangkaian kegiatan kepada penyandang disabilitas dengan mengadakan pelatihan. - (Humas Ditjen Hubla)

 

Pihaknya juga mendukung peran aktif Woman in Maritime (Wima Ina), asosiasi untuk para perempuan di dunia maritim yang terus berupaya untuk menyelenggarakan kegiatan guna memberikan manfaat dan memberdayakan kaum perempuan lainnya.

Dalam rangka menyambut Hari Kartini Tahun 2021 ini, Wima Ina menyelenggarakan rangkaian kegiatan yang memberikan warna berbeda dengan memberikan apresiasi kepada penyandang disabilitas dengan mengadakan pelatihan. 

Ketua Umum Wima Ina, Dr Chandra Motik, mengatakan, pandemi Covid-19 telah mengakibatkan dampak perlambatan ekonomi yang semakin meluas di masyarakat. Tak terkecuali, para perempuan penyandang disabilitas yang selama ini menjadi bagian dari tulang punggung perekonomian keluarga.

“Tidak sedikit kaum perempuan yang terpaksa mengambil peran untuk menghidupi keluarga karena tulang punggung perekonomian keluarga mereka harus kehilangan mata pencaharian sebagai dampak pandemi,” ujarnya.

Untuk itulah, memperingati Hari Kartini Tahun 2021 ini, WIMA INA berupaya untuk merangkul para sahabat penyandang disabilitas dengan memberikan rangkaian kegiatan berupa pelatihan-pelatihan yang diharapkan dapat mermanfaat bagi mereka untuk menunjang perekonomian keluarga.

“Tanggal 6 Maret Kemarin kita sudah menyelenggarakan pelatihan memasak bagi sahabat-sahabat kita penyandang disabilitas. Kali ini, kita akan melanjutkan dengan pembekalan dengan pelatihan tata rias dan menjahit dengan tujuan untuk membantu meningkatkan kreativitas dan kemandirian,” ujarnya.

Chandra berharap, pelatihan ini dapat menjadi salah satu solusi atau upaya untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas sumber daya manusia dalam menghadapi persaingan kerja yang semakin ketat. Tak terkecuali bagi penyandang disabilitas yang memiliki hak untuk mendapatkan perlakuan dan kesempatan yang sama.

Kegiatan pelatihan ini juga disambut gembira oleh para peserta pelatihan, salah satunya adalah ibu Miya, yang juga merupakan Ketua Yayasan Disabilitas Kreatif Indonesia. Dia mengucapkan, terima kasih kepada keluarga besar Wima Ina, PPKI, dan Wardah atas kesempatan pelatihan, pendampingan serta pemberian alat tata rias wajah dan kesempatan untuk bisa memulai usaha. 

“Kami berjanji untuk menjalankan amanah dan harapan Wima Ina untuk tetap semangat dan berkreatif demi kelangsungan hidup keluarga kami,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement