Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Wapres Ingatkan Semua Pihak Saling Bantu Tangani Bencana

Selasa 19 Jan 2021 20:20 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani

Wakil Presiden RI Maruf Amin

Wakil Presiden RI Maruf Amin

Foto: Republika
Pada 1-16 Januari 2021, ada 136 bencana alam terjadi di berbagai penjuru negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Juru bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi mengatakan Wapres Ma'ruf Amin berpesan agar semua pihak bekerjasama, saling membantu dan menguatkan dalam menghadapi bencana seperti saat ini. Ma'ruf mengatakan sesuai data Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) pada 1-16 Januari 2021, ada 136 bencana alam terjadi di berbagai penjuru negeri.

"Wapres mengingatkan agar dalam kondisi darurat seperti ini, masing-masing pihak untuk bekerjasama, saling membantu dan menguatkan," ujar Masduki dalam siaran pers, Selasa (19/1).

Wapres kata Masduki, juga meminta BNPB, Kementerian sosial dan pemerintah daerah terkait agar mengutamakan evakuasi korban. Selain itu, ia meminta pihak tersebut menyiapkan penampungan baik tenda darurat, maupun gedung-gedung milik pemerintah daerah sebagai tempat penampungan sementara.

"Begitu pun logistik, usahakan secepatnya terpenuhi," kata Masduki.

Masduki mengatakan Wapres juga menyampaikan duka cita kepad korban dan keluarganya, dan berdoa agar para korban mendapatkan tempat di sisiNya. Kepada para penyitas, Wapres menyampaikan empati yang mendalam.

"Kepada para penyitas bencana Wapres meminta agar tawakal, dan terus berdoa, semoga bencana segera berlalu. Meskipun dalam kondisi pandemi, pemerintah akan selalu hadir, bersama masyarakat, bergotongroyong meringankan beban para penyitas," ujarnya.

Awal tahun ini sejumlah bencana alam terjadi di  Indonesia dan mendominasi adalah bencana hidrometeorologi. Peristiwa banjir sebanyak 95 kejadian, tanah longsor 25 kejadian, puting beliung 12 kejadian, gempa bumi 2 kejadian dan gelombang pasang 2 kejadian.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA