Selasa 08 Dec 2020 12:36 WIB

BP Jamsostek Minta Perusahaan Akomodir Pekerja Difabel

Pekerja difabel diharap BP Jamsostek diakomodir perusahaan.

BP Jamsostek Minta Perusahaan Akomodir Pekerja Difabel. Foto: Direktur Pelayanan BP Jamsostek Krishna Syarif saat webinar  bertajuk “Mewujudkan Pekerja Disabilitas yang Inklusi Dengan Program Kembali Kerja”, Selasa (8/12).
Foto: Muhammad Hafil / Republika
BP Jamsostek Minta Perusahaan Akomodir Pekerja Difabel. Foto: Direktur Pelayanan BP Jamsostek Krishna Syarif saat webinar bertajuk “Mewujudkan Pekerja Disabilitas yang Inklusi Dengan Program Kembali Kerja”, Selasa (8/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Pelayanan BP Jamsostek Krishna Syarif mengimbau agar seluruh pemberi kerja ataupun pengusaha mematuhi regulasi yang telah ditetapkan terkait pemberdayaan disabilitas. Ini sesuai dengan Undang undang Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas pasal 53 ayat 1 bahwa Pemerintah, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD wajib mempekerjakan 2 persen difabel dari jumlah pegawai.

Sementara pada ayat 2 pasal yang sama menyebutkan perusahaan swasta wajib mempekerjakan paling sedikit 1 persen dari total pegawai. Selain itu juga sebaiknya pemberdayaan CSR (Corporate Social Responsibility) dari pengusaha kepada penyandang disabilitas perlu ditingkatkan agar dapat memperbaiki ekosistem ekonomi komunitas disabilitas.

Baca Juga

"Perlindungan jaminan sosial adalah hak seluruh warga negara yang dijamin oleh Undang undang. Maka sudah sewajarnya kita mematuhi dan memastikan perusahaan dan pekerja kita telah terlindungi oleh program BP Jamsostek, agar tenang dalam bekerja dan kesejahteraan pekerja pun terjamin," kata Krishna di acara Webinar bertajuk “Mewujudkan Pekerja Disabilitas yang Inklusi Dengan Program Kembali Kerja”, Selasa (8/12).

Senada dengan Krishna, Angkie Yudistia yang merupakan Staf Khusus Presiden sekaligus juru bicara kepresidenan bidang sosial mengatakan pemerintah telah menerbitkan PP Nomor 70 tahun 2019 tentang Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Terhadap Penghormatan, Perlindungan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas yang bertujuan untuk memastikan terwujudnya ekonomi inklusif. Menurut Angkie, penyandang Disabilitas memiliki skill-set yang baik dalam beradaptasi, khususnya menggunakan teknologi.

"Jadi perusahaan dengan mekanisme kerja remote working, digital dan atau telemarketing sangat mungkin untuk mempekerjakan penyandang disabilitas," kata Angkie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement