Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

LIPI Luncurkan Hasil Identifikasi Danau dalam Bentuk Buku

Kamis 03 Dec 2020 12:00 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Danau Toba di Sumatra Utara, menjadi danau terbesar di Indonesia (ilustrasi).

Danau Toba di Sumatra Utara, menjadi danau terbesar di Indonesia (ilustrasi).

Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Indonesia diperkirakan mempunyai 1.575 danau, terdiri 840 danau besar dan 735 kecil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pusat Penelitian Limnologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menghimpun data dasar mengenai danau di Indonesia dan meluncurkan hasil identifikasi danau-danau Indonesia dalam bentuk buku berseri.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang PS Brodjonegoro, mengatakan, dengan kolaborasi para ahli dan pemangku kepentingan dari berbagai macam instansi, pihaknya berharap database danau Indonesia ini semakin lengkap.

"(Ini) untuk mendukung penelitian danau-danau di Indonesia sehingga pengelolaan ekosistem danau semakin maju dan berkelanjutan," kata Bambang dalam webinar bertajuk "Database Danau Indonesia dan Peluncuran Buku Identifikasi Danau Indonesia: Peranan Strategis dari Ketersediaan Data Dasar Danau-danau di Indonesia" di Jakarta, Kamis (3/12).

Bambang menuturkan, buku tentang identifikasi danau-danau Indonesia tersebut akan menjadi sumber informasi penting untuk membuat perencanaan ke depan yang lebih baik tentang strategi konservasi alamnya dan pemulihan danau dan fungsinya bagi masyarakat sekitar.

Dia berharap, apa yang dilakukan Pusat Penelitian Limnologi LIPI dengan database danau-danau Indonesia ini menjadi awal kesadaran pemerintah dan elemen masyarakat tentang pentingnya danau.

"Paling tidak kita tahu di mana ada danau seberapa besar danau dan peran yang bisa dimainkan danau tersebut bagi kehidupan masyarakat sekitar," tutur Bambang.

Kepala LIPI Laksana Tri Handoko mengatakan, data dasar danau-danau di Indonesia itu menjadi informasi awal yang sangat penting bagi semua pihak termasuk berbagai kementerian dan lembaga dalam memikirkan dan membuat perencanaan yang lebih baik ke depan.

"Data dan informasi mengenai danau di Indonesia berguna untuk keberlanjutannya. Misalnya, informasi tentang pemerintah telah menetapkan revitalisasi 15 danau kritis di Indonesia menjadi prioritas nasional untuk ditangani, penting diketahui publik," ujar Handoko.

Informasi mengenai data dasar danau termasuk jumlah dan klasifikasinya sangat dibutuhkan dalam pengelolaan sumber daya air dan ekosistem danau. "Dengan webinar ini menjadi satu langkah awal bagaimana kita mengelola danau dan juga nanti daerah aliran sungai dengan lebih baik berbasis riset ilmiah," tutur Handoko.

Danau merupakan badan air yang dibatasi oleh daratan, terbentuk secara alami maupun buatan. Indonesia diperkirakan mempunyai lebih dari 1.575 danau, terdiri dari 840 danau besar dan 735 danau kecil (situ).

Menurut Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pada 2016 luas total danau di Indonesia sekitar 491.724 hektare. Namun, jumlah tepat danau belum diketahui dengan pasti.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA