Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Jokowi Harap Masyarakat Peka Terhadap Disabilitas

Kamis 03 Dec 2020 09:51 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andi Nur Aminah

Presiden RI, Joko Widodo

Presiden RI, Joko Widodo

Foto: Sekretariat Presiden
Di masa pandemi Covid-19 ini, para penyandang disabilitas juga merasakan dampaknya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memperingati Hari Disabilitas Internasional 2020, Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut menyampaikan sejumlah harapannya. Ia ingin masyarakat lebih peduli dan peka terhadap para penyandang disabilitas. "Saya berharap, masyarakat lebih peduli dan peka dengan keberadaan saudara-saudara kita ini," ujar Jokowi dikutip dari media sosialnya, Kamis (3/12).

Jokowi mengatakan, dalam masa pandemi Covid-19 ini, para penyandang disabilitas yang berkegiatan baik bekerja maupun belajar juga merasakan dampak krisis. Ia pun berharap, para penyandang disabilitas dapat bersama-sama mendapatkan ruang yang lapang di dalam masyarakat untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Serta mendapatkan akses untuk berpartisipasi dalam pembangunan. "Selamat hari disabilitas internasional," ucap Jokowi.

Perhatian terhadap disabilitas juga terus digaungkan di seluruh daerah. Salah satunya di wilayah Kalimantan Utara. Pada kesempatan terpisah, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalimatan Utara, Ibramsyah Amirudin menyatakan bahwa secara umum, nilai kepatuhan daerah dalam memberikan pelayanan publik bagi warga disabilitas selama pandemi Covid-19 relatif baik. "Secara umum baik, hal itu berdasarkan data survei dua tahun terakhir, kecuali satu daerah yang mendapat catatan, yakni Kabupaten Malinau," ujar Ibramsyah Amirudin di Tanjung Selor, Kamis (3/12).

Baca Juga

Hal itu berdasarkan data hasil survei dilakukan pada 2018 dan 2019 yang salah satu terkait standar pelayanan khusus disabilitas dan perlengkapannya. Penilaian antara lain keberadaan kursi roda dan loket khusus bagi warga disabilitas.

Survei kepatuhan untuk Pemprov Kaltara serta Pemkab/Pemkot di daerah itu rata-rata baik atau warna hijau kecuali Kabupaten Malinau dua tahun berturut-turut kuning.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 
 

TERPOPULER

Kamis , 01 Jan 1970, 07:00 WIB