Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Jejaring Panca Mandala Dinilai Berperan Bumikan Pancasila

Rabu 02 Dec 2020 15:51 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila mendeklarasikan jejaring Panca Mandala di Palembang Sumatera Selatan. Kegiatan deklarasi Jejaring Panca Mandala dibuka oleh kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila K.H Yudian Wahyudi.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila mendeklarasikan jejaring Panca Mandala di Palembang Sumatera Selatan. Kegiatan deklarasi Jejaring Panca Mandala dibuka oleh kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila K.H Yudian Wahyudi.

Foto: BPIP
Kepala BPIP menyebut Panca Mandala jadi wadah berkoordinasi pembinaan Pancasila

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila mendeklarasikan jejaring Panca Mandala di Palembang Sumatera Selatan. Kegiatan deklarasi Jejaring Panca Mandala dibuka oleh kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila K.H Yudian Wahyudi.

Dalam sambutannya Yudian Wahyudi menyampaikan harapannya tentang jejaring Panca Mandala sebagai wadah berkoordinasi dalam rangka pembinaan ideologi Pancasila. Ia berharap jejaring ini menjadi wadah berkumpul, berbagi tips, berkoordinasi, bekerja sama dalam rangka menjaga harmoni sosial.

Terutamanya terkait Pembinaan Ideologi Pancasila. "Melalui wadah ini, apa yang sebelumnya tidak tampak karena bekerja sendiri-sendiri, setelah berjejaring menjadi pengalaman yang nyata dalam pemecahan problem sosial" kata Yudian.

Di lokasi yang sama, Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya menyampaikan harapan dari peresmian pembentukan jejaring Panca Mandala.

"Dengan dilaksanakannya kegiatan Peresmian Pembentukan Jejaring Panca Mandala Pembumian Pancasila di Provinsi Sumatera Selatan pada hari ini semoga dapat memberikan dampak yang signifikan bagi daerah Sumatera Selatan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila. Apa yang hendak dicapai oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dalam pembentukan Jejaring Panca Mandala dapat terwujud khususnya di wilayah Provinsi Sumatera Selatan" tutur Mawardi (2/12)

Selanjutnya Mawardi menjelaskan peran dan fungsi pembentukan jejaring Panca Mandala dalam Pembumian Pancasila di Sumatera Selatan. Mawardi menyadari bahwa pembentukan Jejaring Panca Mandala memiliki peran dan fungsi yang sangat kuat bagi pembumian Pancasila di Sumatera Selatan.

Alasannya karena merangkul lima unsur yang terdiri dari organisasi kemasyarakatan, media massa, swasta atau dunia usaha, akademisi dan Pemerintah Daerah.

"Karena itu Saya meyakini Sumatera Selatan yang dikenal sebagai wilayah zero conflict mampu mengemban apa yang ingin dicapai oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila untuk membumikan Pancasila" tutup Mawardi

Deklarasi Jejaring Panca Mandala di hadiri oleh Pejabat Pemerintah Daerah Sumatera Selatan, organisasi Kemasyarakatan, Swasta dan akademisi serta BPIP.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA