Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Soal Calon Kapolri, Moeldoko: Presiden Punya Kuncinya

Selasa 01 Dec 2020 18:09 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Agus Yulianto

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Spekulasi merupakan hal yang wajar terjadi berkaitan dengan posisi jabatan tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istana kepresiden enggan berkomentar banyak mengenai kandidat kuat Kepala Kepolisian RI (kapolri), menggantikan Kapolri Jenderal Idham Azis yang jabatannya berakhir pada Januari 2021. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan, spekulasi merupakan hal yang wajar terjadi berkaitan dengan posisi jabatan tinggi yang kosong. 

"Biarkan masyarakat berspekulasi, biarkan masyarakat berskalkulasi. Masyarakat punya hak untuk itu. Tapi, presiden juga punya kunci sendiri untuk menentukan siapa yang akan menjabat," kata Moeldoko di kantornya, Selasa (1/12). 

Moeldoko juga enggan mengonfirmasi mengenai nama-nama kandidat kuat kapolri yang santer beredar di tengah masyarakat. Beberapa nama yang dikabarkan menjadi calon kuat kapolri, di antaranya adalah Komjen Pol Gatot Eddy Pramono yang kini menjabat Wakapolri, Komjen Pol Boy Rafli Amar kini menjabat Kepala BNPT, dan Komjen Agus Andrianto yang menjabat Kabaharkam Polri. 

Sementara itu, Komisi III DPR belum mengetahui kapan akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon Kapolri. Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengatakan, sampai saat ini Komisi III DPR belum menerima surat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 
 

TERPOPULER

Kamis , 01 Jan 1970, 07:00 WIB