Wednesday, 10 Rabiul Akhir 1442 / 25 November 2020

Wednesday, 10 Rabiul Akhir 1442 / 25 November 2020

Ini Langkah FIK UI Tingkatkan Imunitas Fisik Masyarakat

Senin 26 Oct 2020 23:23 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) Bersama Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa Indonesia (IPKJI) ikut turut peduli dengan kondisi saat ini. FIK UI Bersama IPKJI mengadakan kegiatan dengan tema Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial Covid-19 (DKJPS).

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) Bersama Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa Indonesia (IPKJI) ikut turut peduli dengan kondisi saat ini. FIK UI Bersama IPKJI mengadakan kegiatan dengan tema Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial Covid-19 (DKJPS).

Foto: FIK UI
FIK UI gelar program KKN bertema dukungan kesehatan untuk tingkatkan imunitas warga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- World Health Organization(WHO) menetapkan Covid-19 berstatus pandemi sejak akhir Februari 2020. Beberapa Negara di sekitar China khususnya Wilayah Wuhan, sudah berstatus lockdown. Kasus pertama Covid-19 di Indonesia terjadi di awal bulan Maret 2020. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengeluarkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama dua minggu sejak tanggal 10 April 2020. Penetapan PSBB menyebabkan pengurangan aktivitas warga Jakarta di luar rumah yang berganti menjadi Work From Home (WFH). Mayoritas aktivitas dan pertemuan beralih ke digital.

Universitas Indonesia menjadi bagian dari Perguruan Tinggi yang memberikan perhatian dan ikut berkontribusi secara nyata dalam penanganan pandemi Covid-19. Universitas Indonesia sudah menerapkan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) kepada seluruh mahasiswa sejak pertengahan bulan Maret 2020.

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) Bersama Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa Indonesia (IPKJI) ikut turut peduli dengan kondisi saat ini. FIK UI Bersama IPKJI mengadakan kegiatan dengan tema “Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial Covid-19 (DKJPS)”. 

Salah satu dosen pendamping Tuti Nuraini menyatakan sasaran kegiatan ini adalah Sivitas Akademika Universitas Indonesia, khususnya mahasiswa dan dosen. Materi yang disampaikan terkait Covid-19 dan dukungan kesehatan jiwa bagi pasien Covid-19.

Program yang dilakukan FIK UI, antara lain program Kuliah Kerja Nyata Tematik DKJPS Covid-19. Pelaksanaan KKNT Covid 19 ini dilaksanakan oleh mahasiswa FIK UI yang telah mengikuti pelatihan dari DIKTI di IMERI dan pelatihan Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial Covid 19 di FIK UI. 

"Capaian pembelajaran dalam kegiatan KKNT Covid 19 antara lain Mahasiswa mampu mengaplikasikan manajemen DKJPS Covid-19 dan membina sedikitnya 10 keluarga target binaan DKJPS Covid-19," ucap Tuti berdasarkan rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (26/10).

Ia mengatakan kegiatan ini dilakukan secara daring (on line). Diawali dengan skrining kesehatan fisik dan jiwa hari pertama, evaluasi skrining kesehatan fisik dan jiwa hari ke-14. Kemudian dari hari pertama sampai hari ke-14, dilakukan intervensi dan evaluasi harian terhadap adaptasi kebiasaan baru pada keluarga sendiri dan 10 keluarga binaan. 

Sebanyak 110 mahasiswa dan 10 dosen pendamping FIK UI terlibat dalam kegiatan ini. Dosen pendamping tersebut adalah Dr. Tuti Nuraini, SKp., M.Biomed., Ice Yulia Wardani, SKp. M.Kep., Sp.Kep.Ji, Ns. Rizka Amalya, S.Kep., M.Kep., Dr. Hanny Handiyani, SKp., M.Kep., Dr. Novy Helena, SKp., M.Sc., Dr. Astuti Yuni Nursasi, SKp., MN, Kuntarti, SKp., M.Biomed., Tuti Herawati, SKp., MN, Ns. Shanti Farida, SKep., M.Kep.Sp.KMB, Ns. La Ode Abd. Rahman, S.Kep., MBA, di bawah bimbingan Prof. Dr. Budi Anna Keliat, SKp., M.App.Sc.

Setiap mahasiswa diupayakan memiliki sedikitnya 10 keluarga binaan, yang terdiri dari keluarga mahasiswa UI dan masyarakat disekitar tempat tinggalnya. Satu keluarga terdiri dari 3-4 orang, sehingga target yang dicapai mencapai 3147 orang. 

Program ini juga mengarahkan mahasiswa untuk lebih peduli dengan kondisi lingkungan, melakukan skrining kesehatan fisik dan mental di lingkungan tempat tinggal, dan membantu lingkungan dalam menjaga kesehatan fisik dan mental. Program KKN-Tematik DKJPS Covid 19 ini memberikan wawasan kepada keluarga binaan tentang Covid-19, cara meminimalisir kecemasan dan kegelisahan, dan melakukan adaptasi kebiasaan baru. 

Media yang digunakan oleh mahasiswa yaitu youtube dan instagram. Penggunaan media sosial ini bertujuan untuk menyampaikan informasi kepadakeluarga binaan dan pengguna media sosial. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA