Kamis 01 Oct 2020 20:07 WIB

Wapres Minta DPD Dorong Pemda Realisasikan Belanja Daerah

Wapres harap daerah mengoptimalkan berbagai sumber daya dan dana.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ratna Puspita
Wakil Presiden Republik Indonesia Maruf Amin.
Foto: Dok. Wasetpres
Wakil Presiden Republik Indonesia Maruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta Dewan Perwakilan Daerah (DPD) ikut mendorong pemerintah daerah merealisasikan penyerapan anggaran belanja daerah. Ma'ruf mengatakan, penyerahan anggaran belanja pemerintah baik pusat maupun daerah merupakan salah satu solusi pemulihan ekonomi nasional.

Ini juga merupakan arahan Presiden Joko Widodo ke kepala daerah pada awal September agar penyerapan belanja daerah harus segera direalisasikan agar pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini dapat mencapai angka positif. "Saya meyakini DPD-RI kiranya dapat memainkan peran penting dalam mendorong daerah untuk melaksanakan arahan Presiden tersebut," ujar Ma'ruf saat sambutan virtual di Puncak HUT DPD RI ke-16 dari rumah dinas Wapres, Jakarta, Kamis (1/10).

Baca Juga

Ma'ruf juga menilai penyerapan belanja Pemerintah daerah juga dapat menjaga kesejahteraan daerah dan masyarakat. Karena itu, ia berharap daerah juga mengoptimalkan berbagai sumber daya dan dana yang tersedia serta potensi yang dimiliki.

"Saya harap DPD RI mendorong seluruh komponen bangsa termasuk pemerintah daerah untuk dapat bersatu, bahu membahu mengatasi persoalan guna menghasilkan kebijakan yang selaras dengan pemerintah Pusat dalam mengatasi pandemi ini secara bersama-sama," ungkapnya.

 

Sebab, kata Ma'ruf, pandemi Covid-19 hingga saat ini belum menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir. Karena itu, ia meminta peran serta dukungan masyarakat dan lembaga lembaga negara dalam mengatasi berbagai dampak Pandemi Covid-19 terutama sektor kesehatan, sosial dan ekonomi.

Ia menyebutkan, salah satunya peran DPD yang sangat strategis dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 di daerah. "Masyarakat di daerah tentunya akan lebih mudah untuk menerima himbauan dari para tokoh-tokoh masyarakatnya untuk selalu mematuhi kedisplinan dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, serta berbagai upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi ini, sehingga kehidupan sosial dan ekonomi dapat segera pulih kembali," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement