Monday, 9 Rabiul Awwal 1442 / 26 October 2020

Monday, 9 Rabiul Awwal 1442 / 26 October 2020

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Kamis 01 Oct 2020 08:43 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bayu Hermawan

Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo

Foto: Dok. Setpres
Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara Hari Kesaktian Pancasila.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara dalam upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya Jakarta, Jakarta Timur, Kamis (1/10). Upacara ini digelar tepat pukul 08.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Acara hanya dihadiri oleh tamu terbatas dan pejabat yang bertugas serta diselenggarakan melalui virtual. Mereka melakukan jaga jarak serta mengenakan masker. Begitu juga Presiden Jokowi yang tampak mengenakan jas biru tua serta masker berwarna hitam.

Dalam upacara ini, Ketua MPR Bambang Soesatyo membacakan teks Pancasila. Sedangkan, naskah Undang-Undang Dasar Negara RI 1945 dibacakan oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti. 

Baca Juga

Sementara, pembacaan dan penandatanganan ikrar Pancasila dilakukan oleh Ketua DPR Puan Maharani. Meskipun diselenggarakan di tengah pandemi, upacara tetap berlangsung khidmat. Rangkaian upacara pun ditutup dengan doa yang dibawakan oleh Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy. 

Usai melaksanakan upacara, Presiden Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin kemudian meninjau sumur, monumen Pancasila, dan sejumlah bangunan bersejarah lainnya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA