Rabu 12 Aug 2020 10:06 WIB

Konser Gita Bahana Nusantara Digelar Virtual

GBN yang sudah menjadi rangkaian peringatan HUT RI tidak bisa tampil di istana

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Esthi Maharani
Presiden Jokowi dan anggota paduan suara Gita Bahana Nusantara
Foto: Republika/Sapto Andika C
Presiden Jokowi dan anggota paduan suara Gita Bahana Nusantara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pagelaran orkestra dan paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN) akan ditampilkan secara virtual dalam rangka peringatan HUT RI. Khusus tahun ini, penampilan para peserta GBN dilakukan secara virtual karena pandemi Covid-19.

Setiap tahunnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan selalu melakukan pembinaan terhadap generasi muda dalam kegiatan paduan suara dan orkestra ini. Tahun ini, selain dilakukan secara virtual juga akan dikemas berupa konser.

"Sehubungan dengan situasi pandemi saat ini, Paduan Suara dan orkestra GBN yang sudah menjadi rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan tidak bisa tampil secara langsung di Istana, namun akan tampil secara virtual dengan dikemas bertajuk Konser GBN," kata Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid dalam keterangannya, Selasa (11/8).

Hilmar menjelaskan, kehadiran putra putri terbaik perwakilan dari pelosok negeri merupakan salah satu pembuktian untuk menjaga semangat patriotisme dan nasionalisme generasi muda. Meski saat ini kondisi bangsa belum pulih pasca virus corona, namun Hilmar mengapresiasi semangat mereka untuk tetap menyemarakkan peringatan kemerdekaan.

Hilmar melanjutkan, GBN bagi generasi muda menjadi wadah untuk menyalurkan bakat dan potensi kreativitas generasi muda khususnya dalam bidang olah vokal dan seni musik. Pada akhirnya, kegiatan ini mampu menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme, menghargai keberagaman, dan menguatnya jati diri dan karakter bangsa.

"Gagasan awal pembentukannya mengemuka dari Ibu Megawati Soekarnoputri yang menjabat sebagai Presiden RI pada saat itu. Beliau menginginkan dibentuknya paduan suara dan orkestra nasional yang melibatkan generasi muda berusia 16-23 Tahun di seluruh Indonesia dengan tetap menunjukkan kepribadian dan kebudayaan bangsa," kata Hilmar.

Pada konser ini, sejumlah penyanyi ternama Indonesia akan ikut berpartisipasi yakni Isyana Sarasvati dan Raisa. Bagi Raisa saat diminta gabung dengan GBN untuk kegiatan konser virtual dirinya kerap kaget. Menurutnya peserta GBN adalah anak-anak muda yang terlatih dan mempunyai bakat sangat bagus.

Hal yang sama juga dirasakan Isyana Sarasvati. Dirinya mengaku sempat merinding saat diajak berkolaborasi dengan peserta GBN. "Aku merinding, meskipun hanya bertemu secara tatap muka dan tidak secara langsung. Tahu peserta GBN mempunyai talenta yang luar biasa," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement