Rabu 05 Aug 2020 07:47 WIB

Ketua DPR Harap Kerja Sama RI-Turki Hasilkan Vaksin Covid

Turki siap membantu penanganan pandemic Covid-19 termasuk penyediaan alat dan obat-ob

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Agus Yulianto
 Puan Maharani
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Puan Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Puan Maharani berharap kerja sama RI-Turki dalam pengadaan obat dan vaksin Covid-19, segera terwujud. Puan menyampaikan hal tersebut kepada ketua parlemen Turki (Grand National Assembly of Turkey) Mustafa Sentop di sambungan telepon, Selasa (4/8).

"Saya mendengar Menteri Ristek dan Tekhnologi  Indonesia sudah berbicara dengan Menteri Tekhnologi dan Industri Turki membahas pengembangan obat dan vaksin covid 19. Semoga kerja sama ini berhasil dan kita akan mendapatkan manfaatnya dalam waktu yang tidak lama lagi (penemuan obat dan vaksin-covid 19)," kata Puan dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Selasa (4/8). 

Puan berharap, agar parlemen Turki ikut mendorong kerja sama tersebut agar obat dan vaksin Covid-19 segera ditemukan dan diproduksi. Menurutnya, Turki siap membantu penanganan pandemic Covid-19 termasuk membantu penyediaan alat-alat kesehatan dan obat-obatan yang diperlukan.

"Kami saling mengucapkan selamat Idul Adha dan ngobrol tentang bagaimana kondisi Indonesia dan Turki, terutama ditengah situasi menghadapi pandemic covid-19 ini," ujarnya. 

Selain soal covid-19, pembicaraan keduanya juga menyinggung isu Palestina. Puan berkomitmen untuk terus mendukung Palestina.

"Terkait isu Palestina yang akan disampaikan di PBB, tentu saja Indonesia akan tetap mendukung negara Palestina," ungkapnya. 

Sentop juga menyatakan penghargaan tinggi atas hubungan persahabatan antara Indonesia-Turki. Keduanya sepakat untuk memperkuat kerja sama di berbagai bidang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement