Senin 25 May 2020 11:25 WIB

Petani Perlu Diberi Stimulus Tingkatkan Produksi Pangan

Itu perlu dilakukan agar petani terus memproduksi pangan di tengah pandemi Covid-19.

Ilustrasi produksi beras di tingkat petani
Ilustrasi produksi beras di tingkat petani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron menginginkan petani di berbagai daerah dapat diberikan semangat melalui kebijakan stimulus dan bantuan pemerintah. Langkah ini dinilai perlu dilakukan agar petani dapat terus memproduksi pangan di tengah pandemi Covid-19.

"Kami mendorong semangat para petani tetap terjaga untuk memproduksi pangan kita. Apa yang disampaikan oleh pemerintah, untuk BUMN juga harus terlibat," kata Herman Khaeron dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (25/5).

Menurut dia, dengan menjaga semangat para petani Nusantara untuk memproduksi pangan, maka juga akan bagus bagi sistem kedaulatan dan ketahanan pangan. Politisi Fraksi Partai Demokrat itu mengimbau pemerintah untuk mewujudkan kedaulatan pangan yang mandiri, sehingga ke depan harga bahan pangan dalam negeri bisa stabil dan ketahanan pangan dapat terpenuhi.

Ia mengingatkan bahwa saat ini negara-negara yang selama ini menjadi importir pangan juga terdampak pandemi sehingga mereka ada yang melakukan pembatasan dan menutup ekspor. Untuk itu, lanjutnya, sangat esensial bagi Indonesia untuk meningkatkan kesadaran dalam rangka menjaga kedaulatan pangan mandiri yang berbasiskan kemampuan kita sendiri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement