Selasa 07 Apr 2020 20:14 WIB

RSCM Bantah Rawat Bayi Positif Corona

Hingga saat ini RSCM belum menerima pasien Covid-19.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi virus corona dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.
Foto: CDC via AP, File
Ilustrasi virus corona dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat membantah kabar yang menyebutkan tengah merawat pasien bayi yang terlahir dengan kondisi positif terinfeksi virus Corona SARS-CoV2 (Covid-19). Sebab hingga saat ini RSCM belum merawat pasien Corona.

"Tidak benar yang ada di foto itu. Fitnah," ujar Kepala Bagian Humas dan Pemasaran RSCM Ananto PH saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (7/4).

Baca Juga

Ia menegaskan, hingga saat ini RSCM belum menerima pasien positif Covid-19. Sebab, RSCM bukanlah RS rujukan yang khusus menangani Covid-19.

Ananto mengaku RSCM hanya menerima masyarakat yang masih berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dan langsung dirujuk ke tiga RS yang memang ditunjuk pemerintah untuk menangani Covid-19.

Ketiga RS itu yakni RS Persahabatan, rumah sakit angkatan darat (RSPAD) Gatot Soebroto, hingga rumah sakit pusat infeksi (RSPI) Sulianti Saroso. 

Selain itu, ia mengklarifikasi foto yang salah memberikan keterangan tempat perawatan pasien bayi positif Covid-19.

"Memang kami punya ruangan khusus untuk pasien bayi positif Covid-19, tetapi bukan seperti gambar di foto itu," katanya.

Sebelumnya beredar foto dengan nama yang diunggah givingiscaring.id  yang memperlihatkan foto kamar perawatan bayi dan di captionnya menulis peningkatan pasien Covid-19 yang dirawat di RS tersebut. Berikut ini isi caption foto tersebut.

"Salah satu pasien bayi Covid19 yang sedang dirawat, setiap harinya bertambah dan harus segera dipindahkan ke @pkiakiara karena di gedung rscm lama tidak tertampung lagi dan tidak bisa disatukan dengan bayi yang lain."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement