Kamis 02 Apr 2020 23:07 WIB

MPR Tekankan Gotong Royong dan Optimisme Hadapi Covid-19

Ketua MPR menekankan pentingnya gotong royong dan optimisme hadapi pandemi Covid-19.

Rep: Ali Mansur/ Red: Bayu Hermawan
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memfasilitasi rapid test Covid-19 untuk para wartawan press room MPR/DPR/DPD RI. Dalam perang menghadapi Covid-19, para wartawan sama halnya seperti para dokter dan tenaga kesehatan yang rawan terpapar virus Covid-19.
Foto: MPR
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memfasilitasi rapid test Covid-19 untuk para wartawan press room MPR/DPR/DPD RI. Dalam perang menghadapi Covid-19, para wartawan sama halnya seperti para dokter dan tenaga kesehatan yang rawan terpapar virus Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan semua pejabat negara harus tampil di depan publik. Menurutnya hal itu perlu dilakukan untuk menenangkan publik. Sekaligus memberikan kepercayaan bahwa negara hadir dan bisa menyelesaikan permasalahan wabah virus corona atau Covid-19.

"Saya meyakini situasi buruk tersebut hanya dapat dihentikan dengan kedisiplinan dari setiap warga negara dan gotong royong diantara semua pihak termasuk pemerintah pusat dan daerah," ujar Bamsoet dalam konfrensi pers secara daring di Jakarta, Kamis (2/4).

Baca Juga

Dalam kesempatan itu Bamsoet juga mengimbau agar masyarakat selalu memperhatikan lima hal kedisiplinan. Antaranya, dirumah saja, dilarang berkata atau berkumpul, cuci tangan menggunakan sabun, jangan menyentuh muka, tidak mudik dan tidak piknik terakhir jika sakit manfaatkan telemedicine atau datangi fasilitas kesehatan terdekat.

"Saya yakin dan percaya kita akan melewati masalah sulit ini dengan bergandengan dan bergotong royong. Kami berkomitmen penuh memastikan pemerintah dan seluruh elemen bangsa bersatu padu melawan Covid-19," tegas politikus Partai Golkar tersebut.

Secara khusus, Bamsoet menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para dokter, tenaga medis, relawan, pelayan masyarakat dan pekerja kemanusiaan diseluruh nusantara yang telah berjuang di garda terdepan dalam penanggulangan covid 19. MPR RI juga menyampaikan apresiasi terhadap pemerintah terkhusus melalui kerja keras dan kerja kolaboratif gugus tugas penanganan covid 19.

"Tidak kalah pentingnya kami menyampaikan apresiasi dan dukungan keseluruh lapisan masyarakat yang telah merelakan dan mengorbankan banyak hal demi mendukung upaya memutus mata rantai covid 19," terang Bamsoet.

Selain itu, Bamsoet juga ingin mengajak segenap elemen bangsa untuk bersama-sama membangun optimisme bahwa Indonesia dapat melewati situasi sulit ini. Kemudian adanya pasien yang berhasil sembuh membuktikan bahwa penyakit ini dapat ditaklukkan. Apalagi jumlah pasien sembuh yang akhir-akhir ini mengalami grafik peningkatan, dan tentunya menambah optimisme.

"Saya mohon dukungan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk mendukung kinerja gugus tugas ini. jika setiap warga negara semakin disiplin maka semakin cepat kita akan terbebas dari Covid-19," tutup Bamsoet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement