Sabtu 28 Mar 2020 17:13 WIB

Mau Berdonasi Bagi Para Pejuang Lawan Corona, Ini Tipsnya

Prinsip utama donasi makanan tenaga kesehatan lawan Corona adalah bersih dan sehat

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Petugas medis mengecek kesehatan para perawat, dokter dan lainnya dengan rapid test. Prinsip utama donasi makanan tenaga kesehatan lawan Corona adalah bersih dan sehat
Foto: ANTARA FOTO
Petugas medis mengecek kesehatan para perawat, dokter dan lainnya dengan rapid test. Prinsip utama donasi makanan tenaga kesehatan lawan Corona adalah bersih dan sehat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan juri master chef Degan Septoadji memberikan tips donasi makanan pada Sabtu (28/3) di Graha BNPB, Jakarta. Prinsip utama saat mendonasikan makanan bagi mereka yang berjuang merawat pasien atau terdampak pandemi corona yaitu bersih dan sehat.

Degan menekankan aspek kebersihan dalam pengolahan bahan baku, alat yang digunakan hingga penyajian makanan. Menurutnya, personal grooming penting untuk menjamin makanan sehat.

Baca Juga

“Jadi, seperti cuci tangan di setiap saat, kemudian pakaian kita bersih ya, kemudian, alat-alat kita juga harus dijaga, supaya alat-alat juga bersih. Kemudian, saat kita memilih bahan-bahan makanan, itu juga harus kita pastikan, bahwa sumbernya itu bersih dan kita juga harus memilih bahan-bahan yang memang baik kondisinya dan kualitasnya bagus,” kata Degan dalam telekonferensi, Sabtu (28/3) siang tadi.

Selain bersih, makanan yang didonasikan juga harus sehat. Pemberi donasi perlu mempertimbangkan nutrisi makanan yang akan disajikan, seperti karbohidrat, serat, dan protein.

"Nutrisi tersebut dapat disajikan dalam menu seperti nasi, kentang, mie, sayuran, telor, daging, ikan maupun tahu dan tempe," ujar Degan.

Degan memberikan tips pengolahan bahan baku yang tersedia agar memberi manfaat maksimal bagi yang mengkonsumsinya.

“Kemudian yang juga penting adalah cara masaknya. Itu mungkin yang sangat penting juga. Jadi, jangan semua digoreng, jadi harus seimbang, ada yang digoreng, ada yang dikukus, ada juga yang mungkin dipanggang ya. Itu semua istilah kulinernya cooking method yang sehat,” ungkap Degan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement