Ahad 22 Mar 2020 13:10 WIB

Erick Thohir: BUMN akan Suplai Kebutuhan di RS Darurat

Erick Thohir bilang alat kesehatan hingga alat komunikasi RS darurat dipasok BUMN.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Dwi Murdaningsih
Menteri BUMN Erick Thohir, saat meninjau kesiapan RS Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Ahad (22/3).(Kementerian BUMN)
Foto: Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir, saat meninjau kesiapan RS Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Ahad (22/3).(Kementerian BUMN)

REPUBLIKA.CO. JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir bersama  Panglima TNI, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR dan Kepala BNPB memastikan RS Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran bisa beroperasi esok hari, Senin (23/3). Wisma Atlet Asian Games Kemayoran di Jakarta Utara yang dalam empat hari terakhir disulap menjadi rumah sakit ini adalah hasil kerjasama berbagai pihak, termasuk swasta.

Erick Thohir menyampaikan BUMN akan mensuplai kebutuhan-kebutuhan RS Darurat Penanganan Covid-19 ini. "Baik peralatan kesehatan, obat-obatan, alat pelindung diri dan masker. Selain itu, untuk kebutuhan komunikasi, kami juga sudah menyiapkan jaringan telekomunikasi hingga 500 MB," ucap Erick, Ahad (22/3).

Baca Juga

photo
Menteri BUMN Erick Thohir, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Kepala BNPB Doni Monardo meninjau kesiapan RS Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Ahad (22/3). - (Kementerian BUMN)

Pada saat pelaksanaannya, RS Penanganan Darurat Covid-19 ini, akan dibagi dalam 3 zona. Pertama, Zona Hijau adalah Tower 1. Zona ini akan diisi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Hanya orang yang berkepentingan yang bisa memasuki daerah ini.

Kedua, Zone Kuning adalah Tower 3. Zona ini akan diisi oleh Dokter, Perawat dan Petugas Paramedis lainnya. Ketiga, Zone Merah adalah Tower 6-7 yang digunakan sebagai RS Darurat Penanganan Covid-19. Hanya mereka yang menggunakan APD lengkap yang bisa masuk ke zona ini selain pasien.

 

Dokter-dokter yang akan bekerja di sini gabungan dokter dari berbagai instansi, dari Kementerian Kesehatan, TNI/Polri, BUMN dan lain-lain.

“Percayalah, kalau kita semua mau bersatu, Insya Allah apapun bisa kita lalui dengan baik. Saya apresiasi setinggi-tingginya semua pihak yang sudah bergerak cepat membantu Pemerintah untuk mewujudkan RS Darurat ini,” ucap Erick Thohir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement