Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Ini Pesan-Pesan Kiai Hasyim Saat di Rumah Sakit

Kamis 16 Mar 2017 10:22 WIB

Red: Teguh Firmansyah

 KH Hasyim Muzadi

KH Hasyim Muzadi

Foto: Republika/Wihdan Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Mantan ketua umum PBNU Hasyim Muzadi telah wafat, Kamis (16/3). Ia meninggal dunia setelah beberapa bulan terakhir harus bolak balik ke rumah sakit. Selama dirawat di rumah sakit, anggota Dewan Pertimbangan Presiden ini pun sempat memberikan pesan-pesan kepada sejumlah orang yang menjenguk.

Pada awal Januari lalu, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir sempat menjenguk Kiai Hasyim. Ulama kharismatik ini pun menyampaikan pesan-pesan keumatan dan kebangsaan.

Haedar menyampaikan tiga pesan keumatan dan kebangsaan yang diutarakan Hasyim Muzadi. "Pertama, beliau mendoakan Muhammadiyah tetap terus bergerak dan berhasil," kata Haedar seperti dikutip laman www.pwmu.co.

Pesan kedua Hasyim Muzadi berharap Muhammadiyah dan tokoh-tokoh Islam lainnya terus peduli pada persoalan bangsa. "Beliau menyebutnya persoalan bangsa sedang banyak masalah," kata Haedar.

Pesan ketiga, Hasyim berharap para tokoh bangsa dan umat untuk terus merawat jiwa kepemimpinan. Bukan sekadar pemimpin, tapi yang punya kualifikasi. "Memimpin dengan hati nurani, memimpin dengan hati," katanya.

Pesan waspadai komunis

Sejumlah petinggi militer juga sempat menjenguk KH Hasyim Muzadi di Rumah Sakit Lavalette Kota Malang, pada Rabu (11/1). Di antara yang jenguk adalah Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI I Made Sukadana.

I Made Sukadana berada di kamar Hasyim Muzadi sekitar sepuluh menit. Menurut Sukadana selama dibesuk, Hasyim Muzadi juga mewanti-wanti kepadanya mengenai bahaya komunis.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA