Selasa, 25 Muharram 1441 / 24 September 2019

Selasa, 25 Muharram 1441 / 24 September 2019

Jimly: Jangan Terburu-buru Cari Kandidat Hakim MK

Sabtu 25 Feb 2017 16:35 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Yudha Manggala P Putra

 Jimly Asshiddiqie.

Jimly Asshiddiqie.

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Jimly Asshiddiqie, mengatakan panitia seleksi (pansel) tidak perlu terburu-buru dalam melaksanakan proses rekruitmen kandidat calon hakim konstitusi. Menurutnya, delapan orang hakim Mahkamah Konstitusi (MK) saat ini masih dapat menjalankan tugas saat mengambil keputusan dalam persidangan dengan baik.

"Tidak ada masalah dengan jumlah saat ini. Sebab, minimal ada tujuh orang. Delapan orang yang ada saat ini berarti lebih dari cukup sehingga jangan terburu-buru mencari kandidat calon hakim konstitusi," jelas Jimly di Jakarta Pusat, Sabtu (25/2).

Dia menegaskan, yang terpenting adalah delapan hakim tidak boleh absen dalam persidangan. Yang harus dihindari, kata Jimly, jika ada satu hakim absen karena sakit atau ada acara.  "Dua panel yang saat ini ada itu sudah cukup untuk laksanakan persidangan," tambahnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melalui Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, mengumumkan kepada publik Keputusan Presiden tentang Panitia Seleksi (Pansel) Hakim Konstitusi sekaligus mengumumkan Pendaftaran Calon Hakim Konstitusi di media massa. Adapun komposisi Pansel Hakim Konstitusi diisi oleh Harjono (Ketua), Todung Mulya Lubis, Sukma Violetta (Wakil ketua Komisi Yudisial), Maruarar Siahaan, Ningrum Sirait.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA