Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

AP II Minta Penjelasan Pelukis Aidit di Bandara Soekarno-Hatta

Jumat 12 Aug 2016 13:14 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Nidia Zuraya

Foto mirip tokoh PKI DN Aidit di pamerkan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Foto mirip tokoh PKI DN Aidit di pamerkan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Foto: istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksana tugas Dirut PT Angkasa Pura II (Persero) Djoko Mujatmodjo mengaku sedang menindaklanjuti keberadaan foto di Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang mirip dengan tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI) DN Aidit.

"Itu sedang kita konfirmasikan dengan pelukisnya. Makanya sekarang kita tutup," katanya kepada Republika, Jumat (12/8).

AP II, ia katakan, sedang meminta penjelasan kepada sang pelukis atas kehadiran foto yang diduga mirip DN Aidit tersebut. Djoko menegaskan, apabila benar foto tersebut adalah DN Aidit, AP II tidak segan-segan untuk menariknya dan mengembalikan lukisan tersebut kepada sang pelukis.

"Kita minta penjelasan pelukisnya kalau memang tidak sesuai akan kita kembalikan," ungkapnya.

Staf khusus Menteri Perhubungan Dewa Made J Sastrawan mengaku belum mengetahui hal ini. Ia menilai AP II bisa menjelaskan hal tersebut kepada publik. "Saya tidak mengetahui hal itu. Pak Djoko (AP II) mungkin dapat membantu mengkonfirmasikan," ungkapnya.

Foto mirip Aidit itu terpampang dalam pameran foto yang terpajang di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang baru dibuka 9 Agustus 2016. PT Angkasa Pura II sebagai pengelola bandara berupaya melayani penumpang dengan maksimal dengan membuat pameran foto yang menggandeng salah satu media nasional.

Dalam foto itu, wajah Aidit disandingkan dengan foto pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan dan pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy'ari. Tampak pula ada wajah presiden keempat RI Gus Dur dalam foto kolase tersebut.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA