Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Ombudsman Sasar Perbaikan Pelayanan Publik Desa

Selasa 06 Oct 2015 15:06 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Dwi Murdaningsih

Petugas mengambil sampel darah salah seorang calon jamaah haji di Puskesmas Kamonji Palu, Sulawesi Tengah, Senin (3/8).

Petugas mengambil sampel darah salah seorang calon jamaah haji di Puskesmas Kamonji Palu, Sulawesi Tengah, Senin (3/8).

Foto: ANTARA FOTO/Basri Marzuki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sebagai lembaga pengawas pelayanan publik, Ombudsman RI masih memberikan catatatan bagi pelayanan publik di kampung dan desa-desa terjauh. Hal inilah yang menjadi perhatian Ombudsman menyasar perbaikan pelayanan publik di kampung dan desa-desa terjauh.

Ketua Ombudsman RI Bidang Pencegahan, Kartini Istikomah mengatakan pelayanan publik di kampung dan desa-desa masih menjadi persoalan yang sering dikeluhkan masyarakat. Sedangkan tidak banyak masyarakat di kampung dan desa yang secara berani melakukan kritik terhadap buruknya pelayanan publik tersebut.

"Oleh karena itu perlu partisipasi masyarakat dalam pengawasan pelayanan publik dengan membangun kampung pelayanan publik," ujarnya, Selasa (6/10).

Diakui dia, Ombudsman gencar turun ke masyarakat Kampung dan desa untuk meningkatkan kesadaran pelayanan publik di desa dan kampung. Beberapa yang telah dilakukan pihaknya turun untuk meningkatkan kesadaran transparansi pelayanan publik di Banyuwangi pada 2-4  Oktober dan Bima 7-9 Oktober ini. Kedepan, terang dia, Ombudsman akan memperbanyak kampung pelayanan publik di beberapakecamatan di beberapa daerah dengan melibatkan peran masyarakat di pedesaan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA