Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Menerapkan Pancasila dengan Mencintai Produk Dalam Negeri

Sabtu 27 Jun 2015 09:39 WIB

Red: Indah Wulandari

IFW tahun ini mengusung kampanye mencintai produk dalam negeri.

IFW tahun ini mengusung kampanye mencintai produk dalam negeri.

Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika

REPUBLIKA.CO.ID,SINGKAWANG -- Pancasila sebagai ideologi negara bukan saja menjadi sumber hukum utama dalam setiap aspek pemerintahan, tapi juga bisa diaplikasikan ke dalam keseharian. Salah satunya dengan mencintai produk dalam negeri.

"Sikap politik Pancasila dalam kehidupan ekonomi, yaitu berkoperasi, menciptakan iklim usaha sehat dan memakai produksi dalam negeri. Dengan berperilaku seperti itu, maka kita telah mengamalkan Pancasila," kata Danramil Singkawang 1202, Kapten M Sianipar dalam diskusi “Pancasila bukan Pilar, tapi Dasar dan Pandangan Hidup Bangsa” yang digelar HMI Singkawang,dalam rilisnya, Jumat (26/6).

Jika semua itu diterapkan melalui konsumsi pangan lokal, maka Indonesia tidak akan tergantung pangan impor. Pancasila, ujarnya, mampu menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi bangsa dalam kehidupan bersama.

Agar masyarakat paham tentang Pancasila, lanjutnya, maka penanaman Pancasila dilakukan sejak dini dan dengan pemberian contoh merupakan langkah yang tepat.

Narasumber lainnya, pengusaha Singkawang Andi Syarif menyampaikan bahwa penerapan Pancasila harus melibatkan seluruh warga negara termasuk mahasiswa, wilayah, dan sumber daya nasional yang disiapkan pemerintah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA