Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Pengguna Jasa Pelabuhan Merak Akhir Tahun Menurun

Jumat 27 Des 2013 04:43 WIB

Red: Julkifli Marbun

  Polisi berjaga diantara kemacetan panjang kendaraan dari Serang menuju Jakarta yang macet total akibat diblokir buruh di gerbang Tol Jakarta-Merak KM-57, Ciujung, Serang, Banten, Selasa (3/12).  (Antara/Asep Fathulrahman)

Polisi berjaga diantara kemacetan panjang kendaraan dari Serang menuju Jakarta yang macet total akibat diblokir buruh di gerbang Tol Jakarta-Merak KM-57, Ciujung, Serang, Banten, Selasa (3/12). (Antara/Asep Fathulrahman)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah pengguna jasa pelabuhan yaitu penumpang kapal feri dari Pelabuhan Merak, Banten, pada masa liburan Natal 2013 dan menjelang Tahun Baru 2014 menurun dibandingkan dengan kondisi pada tahun sebelumnya.

"Jumlah penumpang dan kendaraan masa liburan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014 mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu," kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry (persero) Cabang Merak, Mario S. Oetomo, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis malam.

Menurut dia, pada masa liburan akhir tahun ini, jumlah penumpang maupun kendaraan secara keseluruhan menurun cukup signifikan.

Berdasarkan data statistik, penurunan jumlah penumpang pejalan kaki adalah yang paling signifikan dibandingan golongan lain.

"Jika tahun lalu sampai hari ke-8 total mencapai 53.270 orang, namun tahun ini turun drastis mencapai 26 persen atau hanya mencapai 39.389 orang," katanya.

Demikian pula, ujar dia, kendaraan motor turun 18 persen dan mobil pribadi turun 5 persen pada periode yang sama.

"Meskipun dibandingkan hari biasa kenaikan penumpang dan kendaraan cukup tinggi, namun berbanding terbalik dengan tahun lalu yang secara total sampai saat ini mengalami penurunan," ucapnya.

Mario memperkirakan kenaikan jumlah kendaraan dan penumpang akan kembali terjadi pada akhir pekan ini karena pada masa liburan.

"Akhir pekan menjadi pilihan para pengguna jasa guna melakukan perjalanan," katanya.

Saat ini, Pelabuhan Penyeberangan Merak dengan tujuan Bakauheni, Lampung, mengoperasikan 27 kapal dengan 5 dermaga, serta kondisi cuaca dalam kedaan normal dengan kecepatan angin 5-10 knot dan tinggi gelombang 0.75 - 1.25 meter.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA