Jumat 31 Dec 2010 07:38 WIB

Wah! 'Salju' Turun di Kerinci

Gunung Kerinci
Foto: Blogspot
Gunung Kerinci

REPUBLIKA.CO.ID, KERINCI-- Butiran hujan mirip salju turun di wilayah Kabupaten Kerinci, diduga hal ini terjadi dampak dari cuaca ekstrem yang kini melanda di hampir sebagian wilayah dunia.

Di Kerinci yang memang berhawa sejuk, saat ini hampir setiap hari turun hujan gerimis namun butiran hujan yang turun berupa butiran mirip salju, kata Delafdi (40), salah seorang warga pemetik teh di Desa Sungai Jambu, Kecamatan Kayu Aro, di Kerinci, Kamis.

"Ini sungguh aneh, sekarang ini terjadi hujan akibat hembusan angin basah yang terus berlangsung di Kerinci, kita melihat tetes hujannya berbeda dari biasanya, lebih mirip butiran salju putih tipis layaknya kapas," katanya.

Tetesan hujan seperti kapas tipis seperti salju disertai kabut tersebut turun seiring tiupan angin yang jarang sekali berhenti di Kerinci saat ini. Anehnya butiran salju tersebut begitu menyentuh tanah atau daratan langsung meleleh mencair dalam waktu sekejap, dan tidak menumpuk seperti salju di Eropa atau belahan bumi berhawa dingin lainnya.

"Begitu menempel di tangan kita misalnya, langsung berubah jadi air yang terasa dikulit sangat dingin, lebih dingin dari suhu udara biasanya," ujar Delafdi.

Suhu di Kerinci saat ini khususnya di kawasan Kayu Aro dan Kecamatan Gunung Tujuh terasa jauh lebih dingin dari biasanya. Kini menurut Delafdi suhu sering berada di bawah 15 derajat Celius bahkan bisa mencapai di bawah 10.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement